Brilio.net - Ide sering muncul ketika kita berada di kamar mandi, benar begitu? Kamu pernah atau bahkan sering mengalami?

Ternyata, menurut ilmuwan Jon Kabat-Zinn, hal ini adalah lazim dan masuk akal.

Ahli kesadaran atau perhatian penuh (mindfulness) di University of Massachusetts Medical School ini menyatakan bahwa mandi adalah waktu yang tepat untuk berlatih tentang kesadaran. Dengan kata lain, kesadaran saat mandi ini bisa dianggap sebagai bentuk meditasi.

"Sangat penting diingat bahwa kesadaran bukanlah sebuah konsep, melainkan sebuah praktik," ujar Kabat-Zinn seperti dikutip brilio.net dari huffingtonpost.com, Kamis (16/4).

Dia juga menambahkan bahwa kamar mandi adalah tempat sempurna untuk melenturkan otot. Hal ini bisa membantu seseorang untuk melakukan praktik kesadaran atau upaya mengenali lagi dirinya sendiri dan segala hal yang terjadi pada dirinya.

Loading...

Penulis buku best-seller 'Wherever You Go, There You Are and Coming to Our Senses' ini terdorong menyimpulkan keterkaitan antara mandi dan kesadaran karena kebanyakan orang seringkali mandi hanya sekadar mandi. Mereka tidak benar-benar fokus merasakan setiap guyuran air yang mengenai tubuh. Bahkan kendati mereka mandi, pikiran mereka justru melanglang buana ke mana-mana.

Padahal, ketika seseorang berlatih kesadaran ketika mandi, katakanlah menikmati ketika mengguyurkan air ke tubuh, menikmati waktu kamu menyikat gigi, pikiran akan teralihkan dari segala macam kekhawatiran tentang persoalan hidup, lho.

Latihan kesadaran ini bukan hanya membantu untuk menghadapi apa yang sedang ada di depan mata, tapi juga membantu seseorang berpikiran terbuka terhadap ide-ide baru. Sederhananya, ketika kamu melepaskan pikiran yang bikin beban tersendiri saat mandi, artinya kamu mengizinkan pemikiran-pemikiran lain menghampirimu.

Jadi, mandi adalah satu sarana kamu untuk brainstorming dan introspeksi diri, guys. Siap mencoba latihan kesadaran ini?