Brilio.net - Di luar sana sudah banyak penelitian tentang manfaat musik. Zaman sekarang pun yang namanya musik nggak akan bisa lepas kan, dari kehidupan kamu? Tapi tahukah kamu kalau musik punya segudang manfaat baik?

Nah, berikut rangkuman manfaat belajar musik dari jurusan Music Education di University of Florida, seperti yang dikutip brilio.net dari lifehack.org, Sabtu (29/8). Cek ya!

1. Efek terhadap otak dan keterampilan pembelajaran secara umum

a. Peningkatan kemampuan verbal
Sebanyak 90% anak-anak usia TK menunjukkan peningkatan kemampuan verbal setelah 20 hari latihan bermain musik. Selain itu, musik juga bisa membantu seseorang mempelajari kata-kata bahasa baru (terutama bagi mereka yang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua). Musik juga mampu meningkatkan fokus perhatian sehingga memperkuat memori.

b. Peningkatan keterampilan motorik
Ketika seseorang bermain musik, ternyata melibatkan fungsi otak dan sensorik-motoriknya. Dengan mendengarkan musik, seseorang bisa lebih cakap dan merasa nyaman dalam menulis, menggunakan komputer, bahkan dalam belajar dari lingkungan sekitar.

c. Mendukung pembelajaran matematika dan keterampilan pikiran abstrak lainnya
Musik akan memperkuat kinerja bagian otak yang berfungsi untuk mengerjakan keterampilan matematika. Bahkan sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menerima stimulus musik dalam belajar, mampu menunjukkan performa bagus ketika mengerjakan aljabar.

2. Efek terhadap prestasi akademis
a. Latihan bermusik dapat memengaruhi kemampuan mendengarkan dan membuat anak-anak bisa memfilter suara berisik di dalam kelas yang dia ikuti. Hal ini berlaku terutama pada anak-anak yang mengalami hambatan belajar (learning disorder) yang memang mudah sekali terdistraksi dengan suara berisik. Dengan begitu, jika latihan bermusik dan mendengarkan musik bagi anak dengan hambatan belajar ini diterapkan, maka bisa membantu performa akademisnya di sekolah.

b. Belajar musik dapat membantu siswa SD yang memang mengikuti kelas musik, memiliki skor mata pelajaran Inggris dan matematika sekitar 20-22% lebih tinggi ketimbang yang tidak ikut. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2007.

c. Pendidikan musik dan kesenian mampu 'menolong' para siswa dari golongan menengah ke bawah
Secara sederhana, hal ini dapat dijelaskan begini, para siswa dari golongan perekonomian bawah akan lebih terampil dalam akademis saat mengambil program kelas musik atau kesenian. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa musik akan memengaruhi performa akademis di sekolah. Nah, dengan begitu para siswa dari golongan perekonomian rendah ini bisa meningkatkan keterampilan menulis dan sains mereka, lebih banyak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, memiliki akumulasi nilai lebih tinggi, 5 kali lipat lebih rendah risiko drop out, dan 3 kali lipat lebih cepat untuk lulus.

3. Menambah keterampilan dan kemampuan pribadi

a. Latihan musik pada anak-anak bisa meningkatkan self-esteem, meningkatkan perhatian dan ketekunan, bisa membuat anak lebih merasa senang dan kreatif, dan habit untuk terus belajar juga terbangun karena belajar menjadi menyenangkan.

b. Siswa golongan perekonomian rendah yang memiliki preferensi pada kesenian memiliki beberapa hal yang belum tentu bisa dimiliki mereka dari golongan yang sama namun tidak menekuni kesenian. Beberapa hal itu antar lain adalah bisa memberikan performa yang bagus selama sekolah, peluang mendapatkan pekerjaan yang bagus, aktif di berbagai komunitas aliasnya banyak jaringan kenalan, dan bisa jadi banyak yang memilih mereka menduduki jabatan-jabatan penting kelak dewasa.

c. Pendidikan musik bisa menjadi identitas budaya yang memperkaya keberagaman budaya di seluruh dunia

d. Pendidikan musik mampu mengenalkan para siswa kepada keindahan keberagaman dunia

e. Mendorong siswa lebih kreatif dalam berpikir dan berekspresi

f. Bisa menjadi sarana penyalur passion yang siapa tahu bisa menjadi jalan karir seseorang sehingga bisa mencapai kepuasaan hidup

Nah, setelah membaca rangkuman di atas, kamu bisa mendapat gambaran bahwa musik memang bukan hanya hiburan semata. Namun musik juga mampu dibuktikan secara ilmiah sebagai sarana untuk membuat seseorang menjadi lebih kreatif dan pandai.

Bagaimana dengan kamu? Berniat untuk mempelajari musik sekarang juga? Belum terlambat, sebab belajar tidak mengenal waktu, bukan? Selamat bermusik!