Brilio.net - Dalam pasar kerja yang kompetitif, gelar saja tak cukup untuk mendapatkan pekerjaan. Para pencari pekerja atau pihak perusahaan bukan hanya mencari kandidat yang bersikap dengan baik, tapi juga bakat yang tepat.

Dilansir brilio.net dari laman THE TIMES OF INDIA, Rabu (29/7), berikut lima keterampilan yang penting dimiliki lulusan untuk mendapatkan pekerjaan idaman.

1. Keterampilan komunikasi

Ingin dapat kerja? Pastikan kamu punya lima keterampilan ini

Hal utama dalam proses wawancara kerja adalah penilaian kemampuan komunikasi, baik secara tertulis maupun verbal. Selain bisa menjadi 'gerbang utama' mendapatkan pekerjaan, kemampuan komunikasi yang bagus akan membuat kamu mampu menjalin hubungan profesi yang kuat.

2. Bakat kepemimpinan

Ingin dapat kerja? Pastikan kamu punya lima keterampilan ini

Sekarang ini, kemampuan memimpin sangat diperhatikan perusahaan. Kemampuan memimpin ini tidak semata menilai kamu layak jadi pemimpin dalam arti sebenarnya, melainkan juga nilai-nilainya. Misalnya, kamu mampu mengambil inisiatif atau tidak, punya rasa tanggung jawab atau tidak, dan sebagainya.

3. Bekerja sama dengan tim

Ingin dapat kerja? Pastikan kamu punya lima keterampilan ini
Kemampuan interpersonal adalah kunci untuk memenangkan hati pihak yang merekrutmu. Kalau keterampilan kerja sama tim kamu bagus, kamu dinilai ramah dan bisa menjalin hubungan yang baik dengan orang lain.

Biasanya, pewawancara akan menguji kemampuan kamu menjadi pemain tim melalui pertanyaan skenario kehidupan nyata. Beberapa pewawancara akan memberikan banyak pertanyaan pentingnya kemampuan ekstrakurikuler, misalnya organisasi mahasiswa atau olahraga. Dari situ akan terlihat bagaimana pola pikirmu bila ditempatkan untuk bekerja sama dengan tim.

4. Pemecahan masalah dan kemampuan analisis

Ingin dapat kerja? Pastikan kamu punya lima keterampilan ini

Kemampuan berpikir dan memecahkan masalah adalah keterampilan yang dibutuhkan banyak perusahaan dari karyawannya. Sebabnya, setiap perusahaan pasti memiliki problematikanya sendiri, pun pekerjaannya pun memiliki tantangan tersendiri. Di sinilah kemampuan karyawan diperlukan. Jadi, berlatihlah dan tunjukkan bahwa kamu orang yang solutif dan analitis.

5. Terbuka terhadap hal baru dan proaktif

Ingin dapat kerja? Pastikan kamu punya lima keterampilan ini

Penting bagi pelamar kerja untuk tampil sebagai seseorang yang independen, alias tidak perlu menunggu diperintah dulu baru bekerja. Selain itu, sikap ingin tahu dan mau belajar hal baru juga perlu ditunjukkan kepada para perekrut. Sikap ini akan sangat menguntungkan bagi kemajuan perusahaan bersangkutan. Tidak mungkin bukan, perusahaan merekrut orang yang justru merugikan perusahaan? Selain untuk tujuan perusahaan, sikap terbuka pada hal baru dan proaktif juga berguna untuk meningkatkan kualitas dirimu.