Brilio.net - Tugas kantor yang bejibun banyaknya kadang suka bikin kamu jadi betah duduk berlama-lama di depan komputer untuk menyelesaikannya. Tapi kamu pasti sudah tahu dong kalau kebiasaan ini bisa membahayakan kesehatanmu? Nggak cuma itu, kalau misalnya kamu sering dibikin galau tanpa sebab sehingga membuatmu menjadi cemas berlebihan, bisa jadi itu karena kebiasaan duduk yang terlalu lama saat berada di kantor, walah!

Nggak cuma saat berada di kantor, kegiatan lain seperti menonton televisi, main game, mengendarai mobil atau motor maupun aktivitas sejenis lainnya yang mengharuskan kamu duduk dalam waktu yang lama, juga bisa memperparah kondisi ini. Kenapa bisa begitu ya?

Dikutip brilio.net dari Livescience, Selasa (30/6), menurut Megan Teychenne, peneliti studi yang berasal dari Deakin University, Australia, kondisi ini disebabkan karena aliran darah serta oksigen yang tidak merata tersebar ke seluruh tubuh akibat kebiasaan ini.

Perilaku ini mungkin awalnya tak akan disadari secara langsung. Pada umumnya, seseorang yang duduk terlalu lama akan merasakan gejala seperti jantung berdebar-debar tanpa sebab, sesak napas, tegang pada otot dan sendi bahkan kamu bisa saja berkeringat walaupun seharian berada di ruangan ber-AC. Dalam kasus yang parah, tubuhmu akan mengalami gemetar yang hebat bahkan bisa menyebabkan kamu kehilangan kesadaran untuk sementara.

Penelitian yang juga termuat dalam jurnal BMC Health Public ini dilakukan dengan mengamati faktor-faktor yang menyebabkan seseorang berperilaku yang mungkin saja memiliki keterkaitan yang erat terhadap kecemasan. Hasilnya, kecemasan berlebihan bahkan hampir dialami oleh 27 juta orang di seluruh dunia dengan tingkat keparahan yang bervariasi yang diakibatkan oleh perilaku ini.

Loading...

Untuk mencegah permasalahan ini, Teychenne menyarankan untuk lebih sering beraktivitas secara fisik di sela-sela pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk duduk itu. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar area kerjamu atau kalau memungkinkan, kamu juga bisa melakukan olahraga kecil untuk meregangkan kembali otot-otot yang tegang.

Jangan sampai lupa ya? Kesehatanmmu lho!

BERITA TERKAIT PEKERJA KANTORAN:

6 Tanda kalau kamu harus segera pindah kantor, cari pekerjaan lain!

8 Cara agar kamu terlihat menonjol dan bersinar di lingkungan kantor

Mau interview kerja? Pilih antrean nomor empat dijamin kamu sukses!

Tips jitu biar kamu diangkat menjadi karyawan tetap

11 Tips jitu agar kamu bisa kuliah luar negeri via beasiswa LPDP

Kamu pekerja kantoran? Kamu sangat perlu berdiri minimal 2 jam sehari 

4 Cara biar tak salah kostum di hari pertama kerja

13 Kelakuan yang menandakan kamu benci sama pekerjaanmu sendiri

 

HOT HOT NEWS:

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa