Brilio.net - Ngomongin teknologi, sekarang segala sesuatunya menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan bantuan komputer. Tugas kuliah, bikin paper, laporan rapat, browsing, chatting, bermain game, semuanya dilakukan dengan benda ajaib satu ini. Makanya nggak jarang kan, banyak orang menghabiskan waktunya lebih banyak di depan komputer.

Tapi kamu tahu nggak sih, ternyata duduk di depan komputer selama minimal lima jam saja setiap harinya bisa merusak jantungmu, lho. Dan kalau dibiarkan terus menerus, bisa-bisa kamu mati muda, cuy!

Penelitian ini dilakukan oleh Emmanuel Stamatakis dari University College of London, Inggris. Penelitian yang melibatkan lebih dari 4.500 orang berusia di atas 35 tahun ini mengatakan bahwa orang yang menghabiskan lebih dari lima jam di depan komputer per hari, memiliki risiko kematian yang lebih tinggi.

Masih menurut Stamatakis, seperti dikutip brilio.net dari Forbes, Senin (27/4), ada 48 persen orang yang menghabiskan waktu empat jam di depan komputer. Berbahayakah? Tentu. Bahkan risiko kematiannya lebih cepat akibat faktor lain di luar jantung.

Stamatakis meyakini bahwa duduk yang terlalu lama adalah penyebab utamanya. Sekalipun kamu rajin berolahraga, risiko kematian bisa saja datang lebih cepat kalau sebagian besar waktumu tetap dihabiskan dengan duduk di depan komputer.

Duduk yang terlalu lama, masih menurut Stamatakis, dapat menyebabkan penurunan sebanyak 90 persen lopoprotein lipase dan enzim jantung yang sehat. Duduk yang terlalu lama juga dapat mengakibatkan pembengkakan dan masalah pada metabolisme karena ketidakaktifan dalam waktu yang panjang.

Satu-satunya cara yang dirasa tepat untuk menghindari tingginya risiko kematian adalah dengan sering bangun dari duduk minimal 20 menit sekali, dan berjalan kaki sejenak. Hal itu diyakini dapat mengurangi masalah tersebut sehingga peluang hidupmu menjadi lebih lama.

Tetap rajin olahraga, makan dan istirahat yang teratur ya guys!