Brilio.net - Bisa nggak kamu mengidentifikasi perbedaan harimau jantan dan betina dengan mendengarkan suara aumannya? Nah, penelitian yang dilakukan sebuah badan non-profit bernama Prusten Project menunjukkan bahwa kita bisa mengidentifikasi harimau hanya dari aumannya. Roar!

Dilansir brilio.net dari Popular Science, Senin (17/8), mereka menciptakan suatu program yang mampu mencirikan seekor harimau dan membedakannya dengan yang lain. “Dengan telinga manusia, kami bisa mengenali bedanya auman seekor harimau dengan yang lain. Jika telinga manusia saja bisa membedakan jenis auman, apa yang bisa dilakukan suatu program komputer?” ungkap Courtney Dunn, pendiri Prusten Project.

Mereka lalu menciptakan program menggunakan rekaman aum harimau yang diambil dari kebun binatang dan penangkaran di seluruh AS. Dengan program itu, para peneliti dapat dengan mudah membedakan tiap individu harimau dari panjang dan frekuensi aum.

Para peneliti bahkan mampu mengatakan apakah harimau itu jantan atau betina dengan mendengar rekaman aumannya. Terungkap, harimau betina cenderung memiliki frekuensi aum yang lebih tinggi.

Sejauh ini, program ini hanya terbukti benar untuk harimau-harimau yang tinggal di taman atau hutan konservasi. Tetapi para ilmuwan berusaha mengembangkan program untuk meneliti jenis auman dari harimau-harimau yang hidup di hutan liar. Harapannya mereka bisa mengetahui jenis auman yang dikeluarkan harimau saat tertangkap pemburu liar.

Loading...

Proyek ini saat ini sedang diuji di hutan-hutan Thailand dan Sumatera, Indonesia.