Brilio.net - Sejumlah besar wanita tua mengekspos diri mereka untuk risiko tambahan kanker payudara karena ketidaktahuan mereka sendiri. Para ilmuwan dari Inggris telah menemukan bahwa setengah dari kaum hawa dalam kelompok usia ini tidak tahu apa gejala tumor payudara kecuali karena adanya bagian yang mengeras pada tubuh.

Menurut laman Genius Beauty, sekitar sepertiga dari semua wanita menderita kanker payudara termasuk dalam kelompok usia yang lebih tua yang telah mencapai usia 70 tahun. Deteksi dini dan pengobatan penyakit ini sangat meningkatkan kemungkinan mengalahkan kanker payudara.

Meskipun usia wanita adalah salah satu faktor risiko, studi menunjukkan bahwa dalam kelompok usia ini pasien paling sering menunda kunjungan mereka ke dokter ketika mereka menemukan gejala kanker payudara. Hal ini disebabkan fakta bahwa banyak wanita tidak mengalami gejala serius, sementara yang lain merasa malu untuk berbicara tentang diri mereka.

Untuk wanita di atas 70 tahun, lima tahun bisa bertahan hidup setelah kanker payudara kemungkinannya mencapai 93% kasus jika penyakit ini masih pada tahap awal. Namun, angka ini turun menjadi 13% jika penyakit ini terdeteksi pada tahap perkembangan metastasis. Itulah mengapa penting untuk hati-hati memeriksa tubuh wanita terlepas dari usia dan termasuk kelompok usia yang lebih tua.

Studi menunjukkan bahwa setengah dari wanita tua tidak tahu gejala kanker payudara kecuali adanya perubahan benjolan pada tubuh. Gejala khas lain dari tumor payudara termasuk perubahan bentuk, ukuran, kulit atau puting. Dalam salah satu kasus, wanita harus pergi ke dokter untuk pemeriksaan menyeluruh dan lebih lanjut. Supaya pengobatan dapat dimulai tepat waktu.

Loading...

So, jaga selalu kesehatanmu ya ladies! Perhatikan apabila terjadi perubahan pada payudara dan segeralah pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.