Brilio.net - Sepatu hak tinggi atau high heels merupakan keperluan yang nggak bisa dipisahkan untuk sebagian fashion wanita. Mereka merasa tampil percaya diri dengan menggunakan sepatu hak tinggi.

Tak hanya itu, menggunakan high heels juga bisa membuat kaki jadi terlihat jenjang dan cantik. Meski risiko kesehatan terhadap kaki menghantui seperti bisa bikin kaki kram, jari kaki mati rasa, sampai cedera di pergelangan kaki. But it's ok, because fashion is pain, right?

Meskipun demikian, gejolak batin yang konstan antara memilih keindahan atau kenyamanan bakalan wanita rasakan. Berkorban demi penampilan tapi tetap menyakitkan. Duh! Terus kalau tetap ingin memakai high heels, harusnya memakai hak tinggi seberapa tinggi ya?

"Kamu nggak seharusnya berjalan dengan hak lebih tinggi dari tiga inci," kata Emily Splichal, dokter ahli penyakit kaki dan spesialis gerakan manusia, seperti dilansir brilio.net dari InStyle, Jumat (3/7).

Ladies, jangan asal pilih high heels! Tingginya juga harus kamu ukur

Alasannya, karena bisa mengubah biomekanik bagaimana kamu berjalan. Langkah kaki semakin pendek, kamu nggak bisa berjalan cepat, otot tumit belakang dan betis jadi tegang sehingga pembuluh darah tertekan. Inilah yang menyebabkan varises pada kaki.

Ketika kamu memakai sepatu hak tinggi maka tumpuan seluruh beban tubuh akan ada di kaki. Hal ini dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah dan bila berlangsung selam berjam-jam setiap hari dan bertahun-tahun secara langsung dapat menyebabkan mati rasa pada jari kaki.

Tuh, ngeri juga ya risiko kesehatan yang bisa ditimbulkan dari pemakaian sepatu hak tinggi? Jadi, kalau kamu tetap ingin terlihat tinggi nan jenjang saat melangkah cantik, perhatikan tinggi high heels yang akan kamu pilih ya. Kesehatanmu lho!

BERITA TERKAIT SOAL TIDUR DAN KESEHATAN KAMU:

5 Alasan kenapa wanita hobi belanja tapi tak memakainya

Ini hubungan olahraga dan tidur yang tidak boleh kamu abaikan

Mengenal jenis-jenis tidur dan risikonya

Hati-hati, susah tidur bisa picu kerusakan otakmu

6 Alasan kamu harus selalu merapikan tempat tidurmu sendiri

Pengen cepet tidur? Kamu harus belajar teknik pernapasan 4-7-8

5 Alasan kenapa kurang tidur bisa merusak hubungan pacaran kamu!

Nggak perlu lama-lama, tidur siang yang baik itu cukup 30 menit saja

Pria & wanita memiliki cara tidur yang berbeda, berikut penjelasannya

5 Manfaat dahsyat tidur siang, sempatkanlah meski kamu sedang sibuk