Brilio.net - Durian memang buah yang sangat menggoda di Indonesia. Sayangnya buah yang baunya menyengat ini hanya bisa ditemui di musim tertentu saja.

Meski tidak berbuah di sepanjang tahun, kamu tetap bisa menikmati durian dengan membeli di beberapa pusat perbelanjaan. Selain rasanya yang menggiurkan, ternyata durian sangat kaya akan nutrisi dan bagus untuk kesehatan.

Berikut 9 alasan mengapa kamu harus sering mengonsumsi buah durian seperti dikutip oleh brilio.net dari lifehack.org, Minggu (26/7):

1. Cegah penyakit jantung
Kandungan asam folat yang tinggi pada buah durian sangat bagus untuk kesehatan jantung kamu. Selain itu, unsur ini juga bisa mencegah dari serangan penyakit jantung. Jika kamu makan lima biji buah durian sehari, kebutuhan asam folat dalam tubuhmu sudah terpenuhi.

2. Memperkuat otot
Ketika kamu mengonsumsi durian, sebenarnya tubuh kamu sudah menyerap 30% nutrisi yang dibutuhkan dalam satu hari. Thiamin merupakan salah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Unsur ini sangat bagus untuk otot dan bisa memperlancar proses penyerapan karbohidrat menjadi energi.

3. Sebagai obat tidur
Jika kamu sering mengalami insomnia, sangat dianjurkan oleh mengonsumsi buah ini. Durian merupakan obat alami untuk mengatasi kesulitan tidur. Kandungan kimiawi, zat tritopan dalam buah tidur dipercaya ampuh untuk menimbulkan rasa kantuk.

4. Kaya akan potasium
Zat yang satu ini mampu membantu memperlancar peredaran darah. Selain itu, buah durian juga bisa menstabilkan detak jantung kamu.

5. Mempercepat pembentukan sel darah merah
Durian sangat kaya akan zat besi dan tembaga. Dua zat tersebut sangat efektif dalam mempercepat pembentukan sel darah merah. Selain itu, kandungan mangan dalam durian juga mampu menjaga kesehatan tulang dan kulit.

6. Menaikkan mood
Jika kamu susah untuk mengembalikan mood yang jelek, cobalah makan buah durian. Kandungan vitamin B dalam buah durian mampu meningkatkan mood. Ditambah lagi, buah durian juga bisa sebagai obat anti-depresi.

7. Cepat sembuhkan luka
Kandungan vitamin C yang tinggi dalam durian mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, durian juga bisa menambah kekebalan tubuh. Bagi kamu yang sangat aktif gerak, sebaiknya sering-seringlah makan buah ini.

8. Tinggi kalori
Kalori yang bisa kamu peroleh dari satu biji buah durian adalah 350. Angka ini cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan kamu dalam sekali makan. Selain itu, durian juga mengandung lemak tak jenuh yang sangat bagus untuk kesehatan.

9. Kaya serat
Setiap biji durian yang kamu gigit mengandung 9 gram serat. Angka ini sudah memenuhi 37% kebutuhan serat harian kamu. Jadi jika kamu ingin memperlancar saluran pencernaan kamu, cobalah makan buah durian sesering mungkin.

BACA JUGA:

Yuk hidup sehat, mulai batasi konsumsi garam biar nggak hipertensi

Ladies, kurang vitamin D ternyata bisa bikin kamu mudah depresi lho

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?

Kandungan tersembunyi dari tanaman gunung ini bisa jadi pengganti gula

Cokelat bisa bikin berat badanmu jadi turun, ayo coba gaya diet ini

Ini cara mengurangi jumlah kalori ketika memasak nasi

Anak yang sering makan fast food tingkat kecerdasannya lebih rendah

Memakan nasi sisa hari kemarin ternyata berkhasiat untuk diet

Sukses diet, gadis ini justru ingin gemuk lagi gara-gara kena penyakit

Jangan tiru diet ala artis ini, meski Madonna & Mariah Carey melakukan

Lagi diet? Coba 5 makanan ini, dijamin bikin kamu nggak cepat lapar