Brilio.net - Banyak ide yang bisa diambil dalam pembuatan sebuah film. Salah satunya adalah mengadaptasi dari sebuah novel yang memiliki penjualan yang luar biasa. Tapi, tak jarang juga film-film tersebut diangkat dari novel dengan penjualan yang biasa-biasa saja, namun film tersebut malah sangat sukses dan semakin membuat novelnya laku hingga menjadikannya best seller.

Film-film tersebut dikemas secara unik dan menarik, yang justru bisa mengangkat novel atau bukunya menjadi incaran banyak orang. Beberapa film tersebut akhirnya diklaim lebih sukses dari novelnya.

Nah, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (17/11), berikut ini adalah daftar film-film yang konon lebih sukses dari novelnya:

1. Laskar Pelangi

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

7 Film keren ini konon katanya lebih sukses daripada novel aslinyafoto: mizanproduction.com

Film Indonesia berikut ini ceritanya cukup sederhana, yaitu tentang perjuangan anak-anak di Belitung, Riau, agar sekolahnya tidak ditutup. Di layar lebar dalam negeri, karya Andrea Hirata ini meraup sukses yang melebihi novelnya. Laskar Pelangi bahkan sempat diputar ulang di beberapa bioskop papan atas.

2. Harry Potter

7 Film keren ini konon katanya lebih sukses daripada novel aslinyafoto: www.chestersu.com

Novel Harry Potter yang dibuat berseri hingga 7 sekuel ini pun sukses menyihir para penikmat novel di segala penjuru dunia. Kesuksesan itulah yang memikat produser film Hollywood, Amerika Serikat, untuk membawanya ke layar lebar. Dan bisa ditebak kemudian, film Harry Potter ditonton oleh puluhan juta pasang mata di berbagai belahan bumi. Dan penjualan tiket bioskop filmnya yang mencapai USD 6,3 miliar diklaim lebih sukses dari novelnya.

3. Twilight

7 Film keren ini konon katanya lebih sukses daripada novel aslinyafoto: www.comingsoon.net

Kisah asmara vampir & manusia bukanlah kisah baru. Namun ketika Stephanie Meyer memodifikasi ceritanya menjadi era masa kini, mendadak dunia terserang demam Twilight. Lalu lahirlah film dengan sekuel dan judul yang sama dengan sekuel novelnya. Dan rupanya, kesuksesan novel Twilight diikuti oleh kisahnya di layar lebar. Twilight mendulang keuntungan yang luar biasa, dan dunia pun kembali diserang oleh wabah “vampir ganteng” bernama Edward Cullen.

4. DaVinci Code

7 Film keren ini konon katanya lebih sukses daripada novel aslinyafoto: phandroid.com

Kisah paling kontroversial yang membawa nama Gereja Vatikan ini bahkan tak hanya diperdebatkan di kalangan akademisi dan gereja, namun sampai-sampai ada buku yang sengaja diterbitkan untuk membantah apa yang disampaikan di novel ini. Cukup menghebohkan, hingga buku ini sempat dilarang untuk diedarkan di beberapa tempat. Dan kontroversi yang sama pun membawa novel ini ke layar lebar Hollywood. Rupanya, penikmat film pun makin menyukai cerita yang disuguhkan. Alhasil, film dari DaVinci Code menjadi best seller dan mendapat rating bagus dari kalangan kritikus film. Efeknya, penjualan novel juga ikut terdongkrak.

5. The Lord of The Ring

7 Film keren ini konon katanya lebih sukses daripada novel aslinyafoto: lotr.wikia.com

Nuansa epik yang hadir di novel ini menginspirasi sutradara Lord of The Ring untuk menciptakan sebuah desa yang persis seperti dikisahkan di novelnya. Desa yang kemudian dijuluki sebagai Desa Hobbit itu sengaja didesain untuk kepentingan syuting film yang berjudul sama dengan novelnya. Kesuksesan novel Lord of The Ring diikuti oleh suksesnya film ini membawa piala Oscar untuk beberapa kategori, salah satunya adalah kategori efek film terbaik. Penjualan tiket? Tak perlu ditanya, karena 3 sekuel film ini tak pernah absen dari posisi Box Office di berbagai bioskop di seluruh dunia.

6. The Chronicles of Narnia

7 Film keren ini konon katanya lebih sukses daripada novel aslinyafoto: filmofilia.com

The Chronicles of Narnia adalah serial epik fantasi dari Walden Media berdasarkan novel The Chronicles of Narnia yang ditulis oleh C S Lewis pada pertengahan tahun 1950-an. The Chronicles of Narnia juga salah satu film yang justru lebih sukses dan lebih dikenal daripada bukunya.

7. Hunger Games

7 Film keren ini konon katanya lebih sukses daripada novel aslinyafoto: news.lewatmana.com

The Hunger Games adalah sebuah film fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2012 yang disutradarai oleh Gary Ross, diangkat dari novel dengan judul yang sama karangan Suzanne Collins. Novel Hunger Games sendiri terbit pada tahun 2008. Karena penjualan film yang bagus, hal tersebut juga mendongkrak penjualan novelnya.

Kalau kamu suka yang mana guys? Lebih suka versi novel apa filmnya?

(brl/gib)