×

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google

0

Life

7 Bahaya garam yang bisa ganggu kesehatan kamu

Konsumsi garam yang dianjurkan adalah 6 gram per hari.

Sabar Artiyono

(brl/gib)

23 / 03 / 2015

Brilio.net - Sebaiknya kamu harus berhati-hati dengan garam. Butiran putih yang bikin makananmu gurih ini ternyata bisa mengganggu kesehatanmu lho.

Konsumsi garam yang dianjurkan adalah 6 gram per hari. Akan tetapi banyak masyarakat yang masih mengonsumsi lebih dari angka tersebut, bahkan bisa mencapai 8,1 gram/hari. Padahal terlalu banyak garam membahayakan tubuh.

Berikut adalah berbagai gangguan kesehatan yang ditimbulkan akibat terlalu banyak mengonsumsi garam, seperti dikutip oleh brilio.net dari actiononsalt.org.uk, Senin (23/3):

1.Tekanan darah tinggi
Terlalu banyak makan garam bisa meningkatkan tekanan darah yang makin tinggi. Bahkan garam bisa memicu tekanan darah tinggi daripada kamu merokok. Jadi kamu harus hati-hati dengan makanan yang dikonsumsi. Perhatikan dengan jeli pada bungkus makanan tersebut. Hindari makanan yang mengandung tinggi garam.

2. Stroke
Tekanan darah yang tinggi akibat kebanyakan makan garam bisa menyebabkan kamu terkena penyakit ini. Hal ini terjadi karena kandungan zat pada garam mengganggu aliran darah dan menurunkan aliran oksigen ke otak yang menyebabkan matinya kematian sel-sel.

3. Jantung koroner
Masih terkait dengan tekanan darah yang tinggi akibat garam. Penyakit lain yang bisa timbul adalah jantung koroner. Penyebabnya adalah terganggunya aliran darah ke jantung. Bahkan terlalu banyak konsumsi garam bisa menghentikan aliran darah ke organ penting tersebut. Untuk mencegahnya, disarankan untuk mengurangi 3 gram setiap harinya.

4. Kanker perut
Garam bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri H.pylori dalam perut. Bakteri ini merupakan penyebab utama kanker perut. Awalnya garam menyebabkan radang pada lambung. Kemudian merangsang bakteri ini untuk tumbuh.

5. Menyebabkan obesitas
Memang garam tidak secara langsung menyebabkan kegemukan. Akan tetapi, rasa garam bisa menyebabkan kamu lapar. Hal inilah yang memicu kamu untuk meminum minuman yang manis. Hal ini biasanya sering terjadi pada anak-anak. Minuman manis yang kaya energi inilah yang menyebabkan kegemukan.

6. Dementia (lupa ingatan)
Konsumsi garam yang terlalu tinggi bisa menjadi gejala awal dari tekanan darah tinggi. Efek dari tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan kamu terkena dementia. Hal ini disebabkan oleh kurang lancarnya aliran darah ke otak.

7. Penyakit Meniere
Penyakit yang satu ini memang langka. Konsumsi garam yang tinggi bisa meningkatkan gejala Meniere karena menyebabkan retensi cairan dalam tubuh. Penyakit Meniere menggangu pendengaran dan menyebabkan pusing disertai dengan mual dan muntah.



Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE