Brilio.net - Siapa yang nggak tahu Coca Cola? Minuman bersoda kenamaan ini pasti sering dijadikan pilihan minuman ketika menikmati makanan di kebanyakan restoran siap saji. Minuman asal Amerika ini memang punya banyak penggemar. Rasanya yang bikin segar sekaligus sensasi sodanya memang bakal nggak bisa ditolak deh, apalagi kalau diminum dalam keadaan dingin saat matahari lagi panas-panasnya. Oh, nikmat dunia mana lagi yang bakal kamu dustakan anak muda?

Berbagai alasan-alasan sejenis pada akhirnya membuat Coca Cola menjadi minuman favorit di berbagai negara, termasuk di Indonesia sehingga menjadikannya salah satu perusahaan terkaya di dunia. Tapi di tengah kesuksesannya, banyak rumor yang beredar mengenai pengaruh buruk Coca Cola terhadap kesehatan selain bisa menghilangkan karat, membersihkan toilet serta meledak jika dicampurkan dengan permen Mentos.

Nah, selain rumor buruk tersebut, berikut ini ada pula beberapa rahasia kelam Coca Cola yang mungkin tidak kamu ketahui, seperti dikutip brilio.net dari Live Free Live Natural, Senin (27/7).

1. Kokain

5 Rahasia sejarah Coca Cola yang bakal bikin kamu kaget

5 Rahasia sejarah Coca Cola yang bakal bikin kamu kaget

Kokain atau Cocaine adalah darimana asal kata Coca berasal. Sejarah Coca Cola dimulai dari ide John Stitch Pamberton, seorang tukang obat yang menciptakan minuman beralkohol yang ia beri nama Pamberton French Wine Coca. Minuman Pamberton ini dikenal sangat memabukkan karena salah satu bahannya adalah campuran kokain dan alkohol yang bernama cocaethylene.

Campuran ini diketahui bisa membuat orang berhalusinasi dan merasakan euforia sesaat. Bahkan, saking memabukkannya, minuman ini memiliki julukan yang cukup vulgar sehingga kemudian dilarang di kota asalnya, Atlanta melalui UU 1885 tentang minuman keras. Supaya boikotnya dicabut, Pamberton kemudian mengganti salah satu bahannya, wine, dengan sirup dan merilis Coca Cola pertama kali pada tahun 1886 yang berfungsi sebagai pereda sakit kepala. Tapi karena masih memabukkan, Pamberton kemudian secara perlahan-lahan mengurangi kadar kokainnya hingga tidak sama sekali.

2. Merchandise no 5
Coca Cola dengan nol kokain dimulai pada tahun 1929. Tapi belum diketahui apakah Coca Cola yang kita minum sekarang masih mengandung ekstrak daun koka atau tidak. Tapi untuk diketahui, zat alkaloid ecgonine yang bisa disintesis menjadi kokain telah dihilangkan sama sekali. Ekstraksi ini sebenarnya dilarang oleh sebuah perusahaan bernama Stephan sebab mereka satu-satunya pemegang izin impor, ekstraksi, serta memproses daun Koka. Pada tahun 2003, mereka mengimpor 175.000 kilogram daun koka senilai USD 200 miliar yang kemudian membuatnya disebut dengan Merchandise no 5.

3. Kolombia

5 Rahasia sejarah Coca Cola yang bakal bikin kamu kaget

Pada tahun 2001, Coca Cola dituntut oleh sebuah serikat buruh Kolombia karena Coca Cola dan partnernya menggunakan tentara bayaran untuk menculik, menyiksa dan membunuh beberapa anggota serikat buruh itu. Namun walaupun begitu, tuntutan tersebut dimenangkan oleh Coca Cola karena dinilai mengada-ada. Coca Cola juga merupakan pemilik saham terbesar di perusahaan Kolombia tersebut.

4. Fanta
Coca Cola pada tahun 1939 di Jerman membuat rekor penjualan tersukses dari seluruh negara. Namun karena Perang Dunia II, Jerman mengalami embargo sehingga pabrik Coca Cola terkena imbasnya. Karena segala kesulitan tersebut, Coca Cola di Jerman akhirnya membuat produk baru berdasarkan bahan-bahan yang tersedia pada masa itu, yaitu Whey dan ampas jus apel.

Minuman ini kemudian diberi nama Fanta yang berarti 'Fantasi' dalam bahasa Jerman yang ternyata meledak sehingga membuatnya disukai oleh seluruh orang Jerman sehingga menjadikan Fanta sebagai resep minuman terbaik.

5. Ketagihan
Pada tahun 2010, seorang wanita di New Zealand berumur 31 tahun bernama Natasa Harris meninggal diduga akibat ketagihan Coca Cola. Pada hasil autopsi, diketahui Natasa meninggal karena kandungan gula dan kafein yang sangat tinggi di dalam tubuhnya akibat kebiasaan minum kafein setiap hari. Namun hal ini disangkal perusahaan Coca Cola dan mengklaim produk minuman mereka aman untuk dikonsumsi.

Wah, seram juga ya? Inget, segala sesuatu yang berlebihan itu juga nggak bagus lho.

Kalau kamu penggemar berat Coca Cola nggak?

HOT NEWS:

Cek STNK-mu, ada biaya SWDKLLJ, ini penjelasannya

Penampakan unik 14 benda yang dibelah menjadi dua

12 Foto perjalanan ke sekolah yang berbahaya dan memprihatinkan

10 Foto kocak ini diambil dengan angle yang pas, bikin ngakak!

15 Foto penyajian makanan yang unik, bikin sayang buat dimakan!

Sosok ibu RCTI Oke tahun 90-an kini jualan kue dan gorengan

Ada-ada saja, ini 15 foto kelakuan orang di ATM

12 Foto tato orang yang salah tulis, apes betul mereka ini!

15 Emoji yang sering salah digunakan saat chatting

15 Hal ini pasti pernah kamu rasakan ketika merantau ke ibu kota

19 Foto bayi hewan yang menggemaskan

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Uji kecerdasanmu, bisa jawab di atas 7 berarti IQ tinggi

Ini dia penipuan paling epik pembeli online Indonesia, bikin ngakak

12 Pesan typo yang bikin orang salah paham

30 Nama Wi-Fi kocak yang bakal bikin kamu ngakak guling-guling!

17 Label baju kocak bin ngakak

15 Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 1)

Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 2)

24 Meme skripsi yang akan membuatmu meringis

20 Rasa rindu ini hanya dimengerti kamu yang pernah tinggal di Jogja

22 Gambar ini membuktikan kenapa fotografer adalah profesi yang keren!

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa