×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Universitas dunia ini punya mata kuliah Bahasa Indonesia, top!

View Image

0

BRILIO » Life

4 Universitas dunia ini punya mata kuliah Bahasa Indonesia, top!

Jadi mulai sekarang, kamu harusnya berbangga hati kalau Bahasa Indonesia mulai diakui dunia. Jangan minder dengan bangsa lain!

25 / 08 / 2015

Brilio.net - Nggak bisa bohong deh, segala sesuatu yang berhubungan dengan hidup itu pasti nggak pernah bisa lepas dari bahasa. Ya iyalah, selain sebagai alat komunikasi, bahasa juga menjadi identitas kultur suatu bangsa.

Negara kita sendiri menggunakan Bahasa Indonesia yang merupakan varian dari Bahasa Melayu yang penggunaannya dimulai sejak tanggal 28 Oktober tahun 1928, tepatnya sejak Sumpah Pemuda dicanangkan.

Sebagai bangsa Indonesia, harusnya kita patut berbangga nih karena Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Nggak heran sih, penduduk Indoensia juga banyak sih, ada lebih dari 20 juta penduduk bahkan masih terus bertambah setiap harinya. Wow!

Dari fenomena ini, beberapa institusi pendidikan dunia mulai banyak yang membuka jurusan atau mata kuliah Bahasa Indonesia bagi para calon mahasiswanya, lho! Wah, apa saja?

Loading...

Berikut ini 4 universitas dunia yang memiliki mata kuliah Bahasa Indonesia, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (25/8):

1. Tokyo University of Foreign Studies, Jepang

4 Universitas dunia ini punya mata kuliah Bahasa Indonesia, top!

Tokyo University of Foreign Studies (TUFS) selama ini terkenal sebagai pusat kajian internasional, penelitian dan pertukaran dosen sedunia. Nggak cuma itu, kampus yang berada di Asahicho, Fuchu, Tokyo ini juga dikenal sebagai salah satu dari lima universitas terkemuka di dunia dalam bidang bahasa asing.

Nggak mengherankan dong, dari 26 jurusan yang mengkaji bahasa asing dari berbagai negara, Bahasa Indonesia menjadi salah satu yang dipelajari di kampus ini. Keren ya?

Bahasa Indonesia sendiri termasuk dalam program studi Asia Tenggara, bersama dengan tujuh negara lainnya. Asal kamu tahu, nggak banyak mahasiswa yang bisa diterima belajar Bahasa Indonesia di kampus ini lho. Dalam setahun TUFS hanya akan menerima 18 mahasiswa yang akan diajari mulai dari dasar, membaca serta menulis Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

2. University of Shouthern Queensland, Australia

4 Universitas dunia ini punya mata kuliah Bahasa Indonesia, top!

Di kampus ini Bahasa Indonesia dipelajari secara menyeluruh dalam program Bachelor of Arts (Indonesian Language). Nah, bagi mahasiswa yang kebetulan mengambil jurusan ini, maka mereka akan belajar mengenai banyak hal mengenai Bahasa Indonesia, mulai dari kosa kata, struktur bahasa, menulis, membaca sampai berbicara menggunakan Bahasa Indonesia.

Kegiatan belajar juga nggak melulu dilakukan dengan membaca buku doang lho, mahasiswa juga bisa belajar Bahasa Indonesia melalui majalah serta literatur populer lainnya juga kok. Keren kan?

Siapapun bisa masuk jurusan ini, meskipun nggak lancar berbahasa Indonesia. Karena mereka semua akan mempelajari dari dasar untuk memahami Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

3. Taras Shevchenko National University of Kyiv, Ukraina

4 Universitas dunia ini punya mata kuliah Bahasa Indonesia, top!

Bahasa Indonesia merupakan program studi yang masih cukup baru dipelajari di kampus ini, tepatnya dimulai sejak tahun ajaran 2012/2013.

Bahasa Indonesia sendiri merupakan program studi yang dibuka oleh Institute Philology dari Taras Shevcenko National University of Kyiv, yang saat pembukaannya, jurusan satu ini sangat didukung secara penuh oleh Kedutaan Indonesia untuk Ukraina lho. Salah satu bentuk dukungan pemerintah Indonesia adalah dengan membuka pusat kajian Bahasa Indonesia, mahasiswa juga berkesempatan untuk mengikuti Darmasiswa, program beasiswa yang digelar pemerintah Indonesia untuk para mahasiswa asing.

4. Hankuk Univeristy of Foreign Studies, Korea Selatan

4 Universitas dunia ini punya mata kuliah Bahasa Indonesia, top!

Nggak cuma orang Indonesia doang yang tertarik dengan budaya Korea, penduduk Korea Selatan juga ternyata memiliki ketertarikan yang cukup besar terhadap Bahasa Indonesia serta budaya yang berkembang di negara kita tercinta ini.

Oleh karena itu, salah satu kampus terbaik di Korea Selatan, Hankuk University of Foreign Studies (HUFS), yang berdiri sejak tahun 1954 ini membuka jurusan yang khusus mempelajari tentang Bahasa Indonesia. Nggak cuma satu tapi dua jurusan sekaligus, Department of Malay-Indonesia di College of Oriental Language serta Department of Malay-Indonesian Interpretation College of Interpretation and Translation.

Masih belum cukup? Salah satu dosen di kampus ini pun merupakan sastrawan asli Indonesa asal Jawa Timur, yakni Tengsoe Tjahjono. Wuih keren ya? Kalau orang luar negeri saja mau belajar bahasa bangsa kita, masa kamu yang asli orang Indonesia lebih suka berbicara dengan bahasa alay? Duh!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more