Brilio.net - Tahun baru identik dengan resolusi. Menargetkan sesuatu untuk diraih di masa mendatang akan memberimu motivasi untuk lebih baik dari tahun ini dan sebelumnya. Nah, ancang-ancang tahun baru nggak perlu yang muluk-muluk. Mulai saja dari hal kecil atau tindakan sederhana.

Tujuan resolusi bukan semata terkait materi atau fisik terlihat, melainkan juga mental atau psikologismu. Pastikan kamu menjadi pribadi lebih baik dengan meningkatkan kebaikan mentalmu pada tahun depan. Mau tahu caranya?

Nah, sebagaimana dilansir brilio.net dari laman BuzzFeed, Kamis (31/12), berikut penjelasannya:

1. Rapikan dan perindah kamar tidur

20 Resolusi mental ini wajib banget kamu lakukan selama tahun 2016foto: homeadore.com

Loading...

Kamar tidur merupakan tempat paling privasi untukmu. Kamu pasti sering merenung di kamar tidur kan? Refleksi diri pun kamu lakukan saat menjelang tidur. Nah, butuh kamar tidur yang nyaman untuk membuatmu bisa berpikir jernih dan menikmati waktu istirahatmu. Jadi, rapikan dan perindah kamar tidurmu. Jangan ragu mengecat ulang, mengubah tatanan barang-barangnya, dan sebagainya.

2. Sudahi hidup selalu menyenangkan orang lain

20 Resolusi mental ini wajib banget kamu lakukan selama tahun 2016ilustrasi: MT Ardynata

Selalu baik terhadap orang lain dan tak bisa bilang nggak ternyata tak baik lho! Memangnya kapan kamu mau membahagiakan dan menjadi diri sendiri? Selalu mengikuti apa mau orang, membuatmu merasa tertekan, bukan? Nah, tahun depan ubah kebiasaanmu mengutamakan kepentingan orang lain. Tak salah mengutamakan kepentingan orang lain, tapi kalau justru kamu yang tersiksa? Kamu baik apa mau-maunya dibodohi?

3. Tekuni hobi yang tertunda

20 Resolusi mental ini wajib banget kamu lakukan selama tahun 2016ilustrasi: MT Ardynata

Tahun baru waktunya kamu menekuni hobi yang selama ini terbengkalai. Misalnya kamu hobi ngeblog tapi selama 2015 kamu sibuk banget atau malas ngeblog lagi. Coba deh, rajin ngeblog tahun 2016 nanti. Tak usah setiap hari, misalnya seminggu tiga kali. Beri waktu dirimu untuk sejenak 'bernapas' setelah sibuk mengerjakan tugas utama dari kantor misalnya. Siapa tahu kan, hobimu bisa menambah penghasilanmu? Selain itu juga bisa memuaskan hasratmu kembali menulis.

4. Menabung di celengan

20 Resolusi mental ini wajib banget kamu lakukan selama tahun 2016foto: tulisanrifai.wordpress.com

Jangan meremehkan menabung di celengan, baik uang receh atau bukan. Tabungan di celengan kalau menggunung bisa kamu gunakan untuk mewujudkan keinginan membeli sesuatu. Atau bisa juga sekali waktu kamu gunakan saat uang bulananmu habis dan gaji belum cair. Kebiasaan menabung melatihmu untuk mengendalikan diri supaya nggak hidup boros.

5. Berhenti berkata-kata negatif pada diri sendiri

20 Resolusi mental ini wajib banget kamu lakukan selama tahun 2016ilustrasi: MT Ardynata

Percaya atau nggak, kata-kata adalah doa. Nah, kalau kata-kata yang kamu ucapkan pada diri sendiri negatif, maka akan tertanam pada pikiranmu secara perlahan namun pasti. Kemudian akan berbuah pada tindakan jelek dan akhirnya menjadi kebiasaan buruk. Hal inilah yang membuatmu mengalami hal negatif. Maka dari itu, tahun 2016 sudahi pikiran dan kata-kata buruk bagi diri sendiri. Hargai dirimu dengan hal positif. Kamu berhak bahagia!

6. Letakkan setiap kenangan dalam gelas jar setiap hari

20 Resolusi mental ini wajib banget kamu lakukan selama tahun 2016

foto: buzzfeed.com

Setiap pengalaman berharga pada tahun 2016 layak kamu abadikan. Bukan semata foto tapi juga catatan kecil menggunakan tulisan tangan kemudian kamu simpan di dalam gelas jar. Setelah 365 hari nanti, kamu bisa membaca catatan-catatan itu untuk mengambil hikmah semuanya.

7. Hindari berhubungan dengan orang yang tak baik

20 Resolusi mental ini wajib banget kamu lakukan selama tahun 2016ilustrasi: MT Ardynata

Orang yang tak baik di sini adalah orang yang hanya menguras emosimu dan membawa dampak buruk bagi hidupmu. Buat apa kamu bergaul dengan orang yang sukanya nyinyirin orang lain? Banyak membual tapi kerjanya lelet dan tak produktif, dan berbagai jenis orang negatif lainnya. Semua itu justru menguras energimu. Buatlah dirimu dikelilingi banyak orang positif sehingga kamu juga merasakan energi positifnya.

8. Hilang kata 'seharusnya' dari kosa katamu

20 Resolusi mental ini wajib banget kamu lakukan selama tahun 2016ilustrasi: MT Ardynata

Kata 'seharusnya' biasanya menunjukkan penyesalan terhadap sesuatu yang semestinya bisa berjalan sempurna tapi faktanya tidak. Penyesalan itu biasanya juga disebabkan kekurangsiapan diri menghadapi sesuatu. Maka dari itu, gunakan kata 'Aku akan...'.

Pengandaian, terlebih dalam hal positif, akan menjadi sugesti tersendiri. Percaya atau nggak, kekuatan pikiran yang akan membawamu mencapai semua yang kamu inginkan. Misalnya 'Aku akan jadi penulis' tertancap kuat di pikiranmu akan mendorongmu lebih aktif ikut lomba dan seminar kepenulisan. Kemudian kamu mencoba menulis, jika gagal kamu coba lagi, dan begitu seterusnya. Akhirnya kamu nanti bisa menikmati buahnya. Kamu akan terlatih menjadi penulis. Semakin kamu menyerap banyak ilmu dan melakukan banyak latihan, kamu bisa menjadi penulis profesional.

9. Perlakukan diri sendiri sebagaimana teman baikmu memperlakukanmu baik

20 Resolusi mental ini wajib banget kamu lakukan selama tahun 2016ilustrasi: MT Ardynata

Jangan merasa dirimu tak berharga dan berguna. Seperti yang dikatakan sahabat sejatimu bahwa kamu pasti bisa melalui semuanya, maka yakinilah bahwa dirimu bisa. Bahkan bisa saja kemampuanmu lebih dari apa yang bisa kamu bayangkan.

10. Perlakukan rasa sakit emosional layaknya rasa sakit fisik

20 Resolusi mental ini wajib banget kamu lakukan selama tahun 2016ilustrasi: MT Ardynata

Saat kamu sakit flu, yang kamu butuhkan adalah istirahat. Kalau hatimu hancur dan pikiranmu terganggu, lebih baik ambil jatah libur dan pergilah untuk menghibur diri, kalau perlu piknik. Tapi kalau butuh semacam situasi meditasi, ya lakukanlah. Tenangkan dan manjakan dirimu sendiri supaya bisa menjalani aktivitas sehari-hari normal seperti sebelumnya.

10 POIN BERIKUTNYA WAJIB BANGET DIREALISASIKAN BUAT ANAK MUDA ZAMAN SEKARANG. APA KAMU JUGA SALAH SATUNYA? KLIK NEXT ~

-