Brilio.net - Kata orang sarapan itu penting, tapi makan malam juga nggak kalah penting. Kalau sarapan penting guna mengisi energi untuk beraktivitas, maka makan malam penting untuk merekatkan hubungan dengan keluarga atau kerabat. Maka tak heran, orang biasanya mengundangmu untuk makan malam atau disebut jamuan makan malam. Setuju?

Nah, kira-kira menu makan malam di negara-negara dunia seperti apa, ya? Sebagaimana dilansir brilio.net dari Independent, Sabtu (14/11), berikut makanan makan malam yang bisa menginspirasimu:

1. China

foto: independent.co.uk

Dalam tradisi China, saat makan malam bersama, semua menu makanan disajikan dari piring kecil. Setidaknya ada delapan jenis makanan khas China yang utama disajikan dalam makan malam. Sebut saja seperti bebek Peking, pangsit Xiao Long Bao, Chow Fun mie terdiri dari seafood atau daging, campuran udang cincang dan mi telur Hong Kong yang disajikan dalam kaldu pangsit. Hidangan yang disajikan tersebut ditemani saus kedelai dengan rasa kuat, cuka, atau minyak cabai.

2. India

foto: independent.co.uk

Sebuah data menyebutkan bahwa 20-40% penduduk India adalah vegetarian, mengingat banyak orang India beragama Hindu yang melarang makan daging sapi. Oleh karena itu, makan malam India dapat terdiri dari karbohidrat dari beras, bisa juga roti, dan sayuran yang dimasak. Tapi memang, makan malam di India bervariasi tiap daerahnya.

3. Indonesia

foto: independent.co.uk

Ada pepatah di Indonesia yang menyatakan bahwa orang belum makan kalau belum makan nasi. Maka dari itu, mayoritas penduduk Indonesia bermakanan pokok nasi. Tapi memang bergantung daerahnya kembali. Selain nasi, lauknya terdiri dari ayam, tahu, dan ikan, disertai sayuran mentah atau sayuran olahan yang dibumbui rempah-rempah. Tak lupa juga, favorit orang Indonesia adalah adanya kerupuk sebagai lauk 'wajib'.

4. Amerika Serikat

foto: independent.co.uk

Daging dan kentang adalah menu yang banyak ada di piring orang Amerika Serikat. Jadi, makanan mereka saat makan malam adalah hamburger, ayam goreng ditemani kentang goreng, atau steak daging beserta kentang.

5. Brasil

foto: independent.co.uk

Hidangan nasional Brasil adalah feijkoada, yakni rebusan tebal daging babi dan daging sapi yang disiapkan dalam panci tanah liat dan disajikan dengan nasi. Ubi atau tapioka juga dimakan sebagai komponen karbohidrat. Selain itu, untuk menyemarakkan makan malam, orang Brasil juga suka kopi, roti, keju, dan daging potong dingin.

6. Iran

foto: independent.co.uk

Nasi kukus adalah favorit orang Iran. Nasi kukus ini sering dibumbui dengan kunyit, aprikot, dan kismis. Sebutan untuk menu ini adalah jewelled rice. Kemudian disajikan bersama kari (dibuat dari kacang tanah), semur daging, atau kebab dan ikan. Menu makan malam lainnya yang terkenal di Iran adalah sup kental yang berisi mi dan barley.

7. Italia

foto: independent.co.uk

Italia dikenal dengan pasta dan pizza. Tapi ternyata hidangan daging, sayuran, dan ikan juga menjadi menu makan malam favorit di sana, lho. Urutan makan malam orang Italia adalah pertama itu pasta, sup, nasi atau polenta, kedua adalah hidangan utama berisi sayuran yang disebut contorno.

8. Jamaika

foto: independent.co.uk

Makanan di Jamaika adalah campuran rasa dari makanan Spanyol, Inggris, Afrika, India, dan China. Beras adalah makanan pokok di Jamaika, dan sering disajikan dengan kacang polong. Menu ackee and saltfish populer untuk makan malam (juga sarapan) yang dimakan dengan nasi dan kacang polong, roti pangsit, atau pisang hijau rebus. Daging, terutama daging babi dan ayam, sering dibumbui rempah-rempah juga menjadi menu makan malam di negara asal Bob Marley tersebut.

9. Rusia

foto: independent.co.uk

Bagi masyarakat Rusia, makan siang adalah makan utama, sementara makan malam adalah prioritas kedua. Untuk makan malam, sedikit ada makanan pembuka dan menu utamanya adalah kentang, daging, atau ikan. Draniki (pancake kentang yang disajikan panas dengan krim asam dingin, bawang putih atau buah berry), Pelemy (bakso yang dilapisi kue kering), dan Zharkoye (daging kukus dengan sayuran) adalah menu makan malam favorit di negeri yang dipimpin oleh Vladimir Putin ini.

10. Nigeria

foto: independent.co.uk

Nigeria merupakan negara yang sangat beragam sehingga tidak memiliki makan malam khusus. Tapi yang banyak ditemui dalam makan malam di negara bagian benua Afrika ini antara lain ubi rebus, semur ikan, nasi, singkong, jagung, kacang, dan pisang.

(brl/gib)

(brl/gib)