Brilio.net - Psikopat merupakan istilah untuk menggambarkan seseorang yang tidak memiliki emosi, perasaan, dan bahkan hati nurani. Psikopat cenderung dikenal sebagai pribadi seseorang yang memiliki gangguan kepribadian dan cenderung antisosial.

Selain itu, psikopat punya sikap gegabah, merusak, dan kasar kepada orang lain tanpa rasa bersalah. Walaupun begitu, tak jarang seorang psikopat tampil penuh karisma dan tampak punya kepribadian yang baik-baik saja.

Drama Korea yang mengangkat tentang tema psikopat sering menggambarkan seseorang yang jadi pembunuh berdarah dingin. Semua kasus pembunuhan yang dilakukan tanpa merasa dirinya berdosa atau bahkan hanya merasa bersalah. Selain itu, dalam drama tersebut korban yang menjadi target sering kali acak walau tanpa motif balas dendam sekalipun.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (5/1), berikut 15 drama Korea tentang psikopat, kisah pembunuhan sadis dan paling gila.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Beyond Evil (2021).

Drama Korea tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Beyond Evil mengisahkan dua orang polisi pemberani dan pernah kenal kata takut dalam kamus hidupnya. Lee Dong-sik (diperankan oleh Shin Ha-kyun) dipertemukan dengan Detektif Han Joo-won (diperankan oleh Yeo Jin-goo) yang baru saja pindah ke kantor yang sama. Mereka pun kemudian terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan berantai di sebuah kota kecil yang sudah terjadi 20 tahun yang lalu dan mengubah kehidupan Lee Dong-sik.

Saat mereka mencoba untuk mengungkapkan siapa pelaku pembunuhan tersebut, mereka harus melihat banyak sisi tersembunyi dari orang-orang yang terlibat. Misteri demi misteri membawa mereka pada sebuah kesimpulan yang tak pernah mereka duga.

2. Mouse (2021).

Drama Korea tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Mouse menjadi salah satu drama Korea bergenre thriller yang berkisah tentang pembunuhan berantai. Drama serial ini mengisahkan Jung Ba-Reum (diperankan oleh Lee Seung-Gi) yang dikenal sebagai perwira polisi pemula yang jujur dan punya komitmen dengan keadilan.

Ia harus bekerja sama dengan Ko Moo-chi (diperankan oleh Lee Hee-joon) untuk menangkap seorang pembunuh berantai yang juga membunuh ibunya Ko Moo-chi. Namun, saat mereka berdua sudah menemukan pelakunya, pembunuh tersebut tiba-tiba perilakunya berubah drastis. Hal ini membuat kedua orang polisi tersebut kebingungan.

3. Jirisan (2021).

Drama Korea tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Berlatar Gunung Jiri, drama Korea Jirisan mengisahkan Seo Yi-kang yang dijuluki Dewa Hantu Gunung sedang mendaki ke wilayah misterius Gunung Jiri. Ia mendaki bersama Kang Hyun-jo, karyawan Taman Nasional Jirisan untuk menyelamatkan para penyintas dan trakker yang hilang.

Drama ini mengisahkan bagaimana gunung tersebut sering didatangi banyak orang untuk membunuh atau mereka yang ingin mengakhiri hidupnya sendiri. Yi-kang dan Hyun-jo berkesimpulan ada seorang pembunuh berdarah dingin di balik semua misteri kematian di Gunung Jiri.

4. Inspector Koo (2021).

Drama Korea tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Inspector Koo merupakan drama action-thriller yang berfokus pada penyelidik asuransi Koo Kyung-yi (Lee Young-ae). Koo Kyung-yi sedang menyelidiki kasus pembunuhan misterius. Kyung-yi seorang wanita cerdas yang memecahkan kasus dingin sebagai sebuah sensasi daripada membawa kasus yang ditanganinya ke jalur hukum resmi. Kyung-yi akan selalu mengejar para pelaku pembunuhan tersebut dengan cara apa pun.

5. Train (2020).

Drama Korea tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Train mengisahkan kehidupan Seo Do-won (Yoon Shi-yoon) yang berubah setelah kekasihnya menjadi korban terbaru dari seorang pembunuh berantai. Do-won kemudian memperoleh kemampuan untuk melakukan perjalanan antara dunia paralel.

Di satu dunia, dia adalah seorang perwira yang berdedikasi yang mencoba menebus dosa ayahnya. Di dunia lain, Do-won adalah seorang polisi yang korup. Do-won menyadari bahwa cintanya di satu dunia mungkin sudah mati, tapi dia masih hidup di dunia lain. Dia kemudian bersumpah untuk menyelesaikan kasusnya di satu dunia sambil berusaha dengan rajin untuk melindunginya di dunia lain.

6. Tell Me What You Saw (2020).

Drama Korea tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Tell Me What You Saw mengisahkan Oh Hyun-jae (Jang Hyuk), seorang polisi bagian kriminal yang harus kehilangan tunangannya dalam sebuah ledakan bom yang dibuat oleh seorang pembunuh berantai. Ketika seorang detektif dan timnya mulai menyelidiki, mereka bertemu dengan seorang petugas polisi dari negara tersebut.

Cha Soo-young (Choi Soo-young) memiliki memori fotogenik yang terbukti berguna. Dia diperkenalkan ke Hyun-jae untuk membantunya bekerja secara rahasia untuk mengungkap misteri di balik orang yang membunuh tunangannya.

7. Memorist (2020).

Drama Korea tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Memorist merupakan drama Korea yang diadaptasi dari Webtoon karya Jae Hoo dengan judul yang sama. Dalam drama ini, Dong Baek (Yoo Seung-ho) dikisahkan memiliki kemampuan untuk membaca ingatan orang dengan sentuhan. Selain itu, ia juga menjadi seorang detektif yang berdedikasi.

Sebagai seorang anak muda, Dong Baek kehilangan setiap bagian dari ingatannya kecuali pembunuhan ibunya. Pada hari tersebut, serangkaian pembunuhan brutal membawanya untuk bekerja sama dengan unit kriminal di kepolisian. Saat Dong Baek bersama tim menemukan pelakunya, masa lalu para pembunuh tersebut terungkap.

8. Voice (2017-2021).

Drama Korea tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Voice mengisahkan kehidupan Moo Jin-hyuk (Jang Hyuk) dan Kwon-joo (Lee Ha-na) yang bersinggungan saat orang yang dicintai mereka dibunuh di malam yang sama dan oleh pelaku yang sama. Jin-hyuk dikenal sebagai seorang detektif anjing gila yang suka menyendiri setelah pembunuhan istrinya.

Sementara Kwon-joo menjadi pemimpin satuan tugas khusus, 'tim Waktu Emas', dengan keterampilan psiko-akustiknya. Jin-hyuk ditugaskan untuk membantu Kwon-joo dan tim untuk menyelesaikan kasus pembunuhan tersebut. Saat sang pembunuh muncul, mereka berdua sadar bahwa orang tersebut telah mengubah hidup mereka untuk selama-lamanya.

9. Trap (2019).

Drama Korea tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Trap mengisahkan Kang Woo-hyun, seorang pembawa berita terkenal di sebuah stasiun penyiaran. Ia memiliki keluarga yang baik dan bahkan pernah diminta untuk masuk dalam bidang politik. Namun, Woo-hyun dan keluarganya dalam sebuah perjalanan liburan, sebuah kejadian janggal yang membuat semua anggota keluarganya meninggal dunia dengan tragis. Sejak saat itu, Woo-hyun dibantu Ko Dong-kook, seorang detektif berusaha mengungkap kasus pembunuhan tersebut.

10. Less Than Evil (2018).

Drama Korea tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Less Than Evil merupakan drama Korea detektif yang mengisahkan perang psikologis antara detektif veteran bernama Woo Tae-seok (Shin Ha-kyun) dan Eun Sun-jae (Lee Seol), seorang psikopat. Tae-seok adalah seorang detektif yang sering main tangkap tanpa prosedur yang benar. Karena itu, Tae-seok selalu berusaha untuk menangkap para pelaku kejahatan dengan cepat, termasuk saat ia harus berhadapan dengan Sun-jae yang cerdas.

11. Suspicious Partner (2017).

Drama Korea tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Suspicious Partner mengisahkan Noh Ji-wook (Ji Chang-wook), seorang jaksa yang bekerja dengan seorang peserta pelatihan, Eun Bong-hee (Nam Ji-hyun) dalam kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh seorang psikopat. Saat mereka mulai menyelidiki, Bong-Hee menjadi tersangka saat dia dan Ji-wook mencurigai pembunuh sebenarnya menderita amnesia. Trauma masa lalu Ji-wook dan masa lalu Bong-hee kemudian membuat rangkaian cerita yang mereka sadari sebagai jalan pemecahan kasus.

12. Tunnel (2017).

Drama Korea tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Tunnel mengisahkan Park Gwang-ho (Choi Jin-hyuk), seorang detektif yang rajin pada 1986, terpaksa harus berurusan dengan seorang pembunuh berantai mengerikan karena sudah banyak memakan korban. Suatu hari, Gwang-ho mendapatkan petunjuk bahwa pelaku ada di sebuah terowongan.

Ia kemudian mengejar pelaku tersebut dan masuk ke dalam terowongan. Namun, saat ada di penghujung terowongan, Gwang-ho menemukan dirinya ada di tiga dekade di masa depan. Hal tersebut tak dapat membuatnya kembali ke rumah dan harus menyelesaikan kasus tersebut. Gwang-ho berteori jika dirinya bisa menuntaskan kasus pembunuhan berantai tersebut, ia akan bisa kembali ke masa sebelumnya.

13. Gap-Dong (2014).

Drama Korea tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Gap-Dong merupakan drama Korea yang didasarkan pada pembunuhan berantai Hwaseong di kehidupan nyata. Serangkaian pembunuhan tersebut terjadi antara 1986 dan 1993 di kota fiksi Iltan. Seorang detektif yakin bahwa pelakunya adalah seorang pria yang tertantang secara intelektual di kota.

Namun, setelah orang yang dituduh terbunuh, putranya, Moo-yeom (Yoon Sang-hyun) bersumpah untuk membersihkan nama ayahnya. Bertahun-tahun kemudian, undang-undang pembatasan berakhir, tetapi serangkaian pembunuhan baru menunjukkan kesamaan yang menakutkan dengan pembunuhan masa lalu. Moo-yeom bergabung dengan tim detektif yang memberatkan ayahnya untuk menemukan pembunuh yang sebenarnya.

14. Hello Monster (2015).

Drama Korea tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Hello Monster mengisahkan profiler genius Lee Hyun yang sudah bertahun-tahun belajar di luar negeri dan kembali ke Korea Selatan. Anehnya, semua ingatan selama masa kecil di negara asalnya tersebut tak berbekas sama sekali.

Lee Hyun bersama Cha Ji-an sering terlibat dalam serangkaian kasus pembunuhan yang dilakukan oleh seorang psikopat. Lee Hyun kemudian perlahan tahu bahwa adiknya yang sudah lama ditinggalkan bertahun-tahun menjadi seorang pembunuh berdarah dingin dan menyasar korbannya secara acak.

15. White Christmas (2011).

Drama Korea tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

White Christmas mengisahkan sekelompok pelajar menengah SMA menerima surat anonim yang berisi kata-kata kasar dan ancaman. Park Mu-yeol, seorang siswa teladan pertama kali menerima surat tersebut. Selain itu, Jo Young-jae, seorang pembully dan serin menyerang siswa lain untuk menutupi ketidakpercayaan dirinya.

Sementara itu, Yoo Soo adalah seorang siswa yang menjadi bulan-bulanan teman-temannya yang melampiaskan emosinya. Pada saat semua siswa sedang liburan, ancaman yang pernah dapat dari surat anonim tersebut menjadi kenyataan dan membuat salah satu siswa tewas secara misterius.

(brl/pep)