Brilio.net - Drama Korea berlatar kerajaan menjadi salah satu hal penting dalam perkembangan budaya cinema Korea Selatan. Tema-tema sejarah tersebut membuat drama Korea menarik dan bahkan bisa menjadi bahan ajar sejarah yang mudah.

Selain itu, drama Korea kerajaan hadir dengan beragam cerita. Mulai dari intrik politik kerajaan hingga kisah cinta yang melibatkan orang istana.

Drama-drama tersebut tampil dengan seru dan membuat penonton bisa membayangkan bagaimana Korea tempo dulu. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (5/1), berikut 11 rekomendasi drama Korea kerajaan terbaik, Mr. Sunshine seru banget.

1. Mr. Sunshine (2018).

Rekomendasi drama Korea kerajaan terbaik berbagai sumber

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: imdb.com

Saat tentara Amerika Serikat melakukan ekspedisi ke Dinasti Joseon pada 1871, seorang anak laki-laki terpukau melihat sekumpulan orang yang membawa senjata ke mana pun mereka pergi. Hal ini lalu membuatnya ingin ikut dengan tentara tersebut saat mereka mulai pergi dari Joseon. Hal itulah yang terjadi dalam drama Korea kolosal Mr. Sunshine. Anak tersebut kemudian direkrut dan dididik sebagai seorang tentara yang kelak akan kembali ke Korea menjelang kekuasaan Dinasti Joseon melemah. Drama berlatar Korea era 1900-an ini menampilkan gejolak orang Korea yang menjadi tentara Amerika dan jatuh cinta kepada salah satu perempuan aristokrat kerajaan.

2. The Crowned Clown (2019).

Rekomendasi drama Korea kerajaan terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

The Crowned Clown mengisahkan cerita yang terjadi pada pertengahan periode Joseon. Saat itu, ketika pergolakan dan perebutan kekuasaan di sekitar takhta telah mencapai tingkat yang sangat mengkhawatirkan. Karena itu, untuk menghindari mereka yang berencana untuk membunuh sang raja, raja pun menempatkan badut yang sama persis sepertinya di atas takhta. Saat badut mulai memainkan peran, istana menjadi kacau karena musuh Raja dibingungkan oleh kreativitas penipu dan lingkaran sekutunya yang senang melihat raja mereka menjadi penguasa sesuai keinginan mereka.

3. Mr. Queen (2020-2021).

Rekomendasi drama Korea kerajaan terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Queen merupakan drama Korea yang mengisahkan Jang Bong-hwan, seorang pria dari zaman modern yang jiwanya terperangkap dalam tubuh Ratu Cheorin, seorang ratu dari dinasti Joseon. Drama Korea romantis yang berlatar sejarah ini tampil dengan baik dan membuat banyak orang tertawa geli dan kagum dengan cerita yang dihadirkan.

4. My Country: New Age (2019).

Rekomendasi drama Korea kerajaan terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Selama masa transisi antara akhir dinasti Goryeo dan awal dinasti Joseon, dua sahabat menjadi musuh karena kesalahpahaman. Mereka mencoba melindungi negara mereka dan orang-orang yang mereka cintai dengan cara mereka sendiri. Seo Hwi merupakan seorang prajurit sekaligus anak dari pendekar pedang terkenal yang dijebak dan dihukum mati. Sementara itu, ia harus melawan Nam Seon-ho, sahabatnya sendiri dalam bergantian dinasti tersebut. Nam Seon-ho adalah seorang perwira militer ambisius yang merupakan anak tidak sah dari seorang pejabat tinggi.

5. The Empress Ki (2013-2014).

Rekomendasi drama Korea kerajaan terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Empress Ki merupakan kisah nyata Ratu Ki di Korea. Ki Seungnyang, seorang wanita kelahiran Goryeo yang naik ke tampuk kekuasaan meskipun ada batasan sistem kelas era. Ia kemudian menikahi Toghon Temür (Kaisar Kekaisaran Mongol) untuk menjadi permaisuri Dinasti Yuan dan bukan cinta pertamanya, Wang Yu. Drama ini berhasil menyoroti ambisi politik sang permaisuri dan sikapnya kepada orang yang pernah dicintainya.

6. Moon Embracing The Sun (2012).

Rekomendasi drama Korea kerajaan terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Moon Embracing The Sun menceritakan kisah cinta Raja Lee Hwon dan seorang peramal bernama Shaman Wol atau yang dikenal dengan nama Heo Yeon-woo. Mereka berdua pertama kali bertemu saat mereka masih remaja. Kala itu, Wol masih bernama Heo Yeon-woo dan dikenal sebagai putri bangsawan, sedangkan Lee Hwon menjadi putra mahkota. Mereka hampir saja menikah, tetapi hal itu digagalkan oleh Ibu Suri yang ingin menjodohkan Lee Hwon dengan Yoon Bo-kyung. Ibu Suri pun menyusun rencana jahat untuk membunuh Yeon-woo hingga dibuat hilang ingatan dan menjadi seorang peramal yang ada di luar istana.

7. Six Flying Dragons (2015-2016).

Rekomendasi drama Korea kerajaan terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Six Flying Dragons bisa menjadi salah satu drama Korea yang cukup lengkap menjelaskan kemunculan pertama kali Dinasti Joseon. Sepanjang 50 episode, drama ini mengisahkan Yi Bang-won beserta enam orang pasukan setianya. Yi Bang-won merupakan raja ketiga Dinasti Joseon yang membantu ayahnya untuk mendirikan kerajaan Dinasti Joseon. Drama ini memadukan fakta-fakta sejarah Joseon dan fiksi tentang Six Flying Dragons yang juga disebut memperjuangkan berdirinya kerajaan Joseon.

8. The Great Queen Seondeok (2009).

Rekomendasi drama Korea kerajaan terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Pernahkah Korea dipimpin oleh seorang ratu? Jawabannya pernah. Dialah Queen Seondeok, Ratu pertama dalam sejarah peradaban kerajaan Korea. Queen Seondeok memimpin saat Korea dikuasai oleh Dinasti Kerajaan Silla yang saat itu ditunjuk langsung oleh Raja King Jinheung yang sudah sekarat melalui surat wasiat. Penunjukan Seondeok sebagai putri mahkota membuat seluruh jajaran kerajaan kaget dan melahirkan beberapa pemberontakan dari internal kerajaan. Drama ini merupakan drama kolosal Korea yang penuh intrik di internal kerajaan dan berhasil menarik perhatian penonton, terutama penonton Korea. Selain itu, drama Korea ini berhasil meraih skor 8,8 di IMDb.

9. 100 Days My Prince (2018).

Rekomendasi drama Korea kerajaan terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea 100 Days My Prince berkisah tentang seorang putra mahkota kerajaan di Joseon bernama Lee Yool (Do Kyung-soo) yang menghilang selama 100 hari dari istana. Lee Yool adalah orang yang perfeksionis, keras kepala, dan sering bersikap acuh. Namun, ia kemudian tiba-tiba menghilang secara tiba-tiba setelah jatuh dari tebing yang membuatnya luka berat. Lee Yool kemudian bertemu dengan Yeon Hong-shim, wanita bangsawan yang menjadi agen solusi pertama di Joseon dan mereka saling menyimpan perasaan satu sama lain sejak pertemuan pertama.

10. Dong Yi (2010).

Rekomendasi drama Korea kerajaan terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Dong Yi merupakan drama Korea berlatar kerajaan yang mengisahkan Dong Yi (Han Hyo-joo), seorang perempuan dari golongan Cheonmin atau kasta rendah pada masa dinasti Joseon. Keluarganya dibunuh karena sebuah fitnah politik dan menjadikan Dong Yi gadis sebatang kara. Dong Yi kemudian diasuh seorang Gisaeng bernama Seol-hee (Kim Hye-jin) dan saat dewasa menjadi selir yang diakui oleh kerajaan Joseon.

11. The Tale Of Nokdu (2019).

Rekomendasi drama Korea kerajaan terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Berlatarkan dinasti Joseon, serial ini berkisah tentang seorang pria yang menyamar sebagai seorang wanita untuk memasuki desa misterius khusus wanita untuk mencari kebenaran tentang kelahirannya. Di desa tersebut, ia kemudian bertemu dengan seorang wanita muda yang tidak ingin menjadi kisaeng atau wanita penghibur agar bisa membalas dendam pada keluarganya

(brl/lin)