1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Kesehatan
Ismarlina Mokodompit 22 Februari 2016 03:04

8 Benda ini sering kamu remehkan tapi perlu dibersihkan, apa hayo?

Kalau masih kamu sepelekan, jangan kaget kalau suatu saat kamu kena berbagai penyakit mematikan. Hayo! Mau?
foto: theorganisedhousewife.com.au

Brilio.net - Orang yang paling bersih sekali pun tahu kalau kebiasaan membersihkan sesuatu itu perlu untuk menghindari terkena penyakit yang mengerikan. Seperti membersihkan toilet, membersihkan dapur yang penuh tumpukan piring kotor, menyapu lantai sampai mengelap perabotan yang berdebu.

Tapi terkadang meski sudah teliti dibersihkan, kita masih bisa melewatkan satu atau dua tempat dan mungkin beberapa benda yang tak kita sadari harus dibersihkan secara teratur. Apa iya?

WAJIB KAMU BACA: Fakta ini dijamin bikin kamu tak lagi berani menahan pipis, ngeri!

Berikut adalah beberapa hal yang sering disepelekan tapi sebaiknya harus kamu bersihkan, seperti dilansir brilio.net dari Bustle, Senin (22/2):


1. Bantal


foto: giphy.com


Membersihkan sarung bantal aja itu nggak cukup. Kamu harus membersihkan bantal juga. Bantal adalah 'taman bermain' hal-hal kotor, penyakit, tungau, sel-sel kulit mati dan jamur yang bisa menetap di bantal tanpa pernah kamu tahu.


2. Kunci

foto: carlocksmithincharlottenc.com

Bisa dibilang kunci sama kotornya dengan toilet duduk. Kamu bisa memegang kunci dalam waktu lama, melemparkannya dalam tas hingga menaruhnya dimana pun kamu mau. Nggak kebayang kan, berapa banyak bakteri yang bersarang di kunci? Jadi penting untuk membersihkan kunci juga.


3. Handphone


foto: giphy.com


Pikirkan tentang berapa banyak kamu menyentuh layar handphone dengan tangan kotormu. Apalagi kalau kamu sering telepon dalam waktu yang lama, bau mulut dan kuman dari mulut ngumpul semua di layar HP. Jika kamu memiliki smartphone, akan lebih mudah untuk membersihkannya dengan cara mengelap layarnya.


4. Remote Control

foto: ifthedevilhadmenopause.com

Remote TV misalnya, bisa digunakan oleh banyak tangan dan meninggalkan bakteri yang tak tampak oleh penglihatan biasa. The University of Arizona bahkan merilis sebuah studi yang mengatakan bahwa remote memiliki lebih banyak bakteri daripada situs lain di sebuah kamar rumah sakit.


5. Keyboard/mouse komputer

BRILIO VIDEO

Pengendara Buka Paksa Palang Perlintasan Kereta
Bener-bener bikin mengelus dada pengendara model begini. Simak kelakuan nggak banget mereka selengkapnya di video Brilio.net berikut ini


foto: giphy.com


Seperti segala sesuatu yang lain yang disebutkan di atas bahwa meletakkan tangan di atas benda perlu dibersihkan. Tak terkecuali keyboard dan mouse komputer. Kamu hanya perlu membersihkan keyboard setiap dua sampai tiga bulan. Matikan komputer dan mengelapnya ke arah bawah dengan menggunakan lap, namun jangan dengan cairan desinfektan untuk menghindari cairan masuk ke celah-celah layar komputer atau keyboard.


6. Spon pencuci piring

foto: goodhousekeeping.com

Pertimbangkan bahwa pekerjaan utama spons di dapur yang biasa kamu gunakan untuk mencuci piring adalah menyerap sampah makanan dan bakteri menjijikkan. Jadi kamu harus membersihkan spons secara teratur dan menggantinya bila sudah tak layak pakai atau terlalu kotor. Untuk membersihkan spons, rendam dalam air mendidih dan cairan desinfektan.


7. Sapu


foto: giphy.com


Sapu yang biasa kamu gunakan untuk mengumpulkan debu dan puing-puing lainnya dari lantai juga perlu dibersihkan. Bersihkan sapu dalam air sabun hangat dan atau menggunakan vakum untuk mendapatkan kelebihan kotoran keluar dari bulu-bulu sapu.


8. Saklar lampu dan gagang pintu

foto: theorganisedhousewife.com.au

Gunakan beberapa desinfektan semprot. Namun tetap berhati-hati saat membersihkan saklar lampu, cukup mengelap dengan kain basah saja. Jangan menyemprotkan cairan apapun secara langsung.

 

(brl/gib)

YOU MAY ALSO LIKE

Penemuan Ular Di KRL Jurusan Bogor - Angke
Kok bisa ya ada ular di dalam KRL ini? Simak proses penangkapan dramatis ular sepanjang lebih dari satu meter itu di video Brilio.net
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

8 Benda ini sering kamu remehkan tapi perlu dibersihkan, apa hayo?.
Kalau masih kamu sepelekan, jangan kaget kalau suatu saat kamu kena berbagai penyakit mematikan. Hayo! Mau?
https://www.brilio.net/kesehatan/8-benda-ini-sering-kamu-remehkan-tapi-perlu-dibersihkan-apa-hayo-1602214.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?