Brilio.net - Jangan menyepelekan kebiasaan menahan pipis (buang air kecil), karena bila hal ini terus-menerus dilakukan bisa berakibat buruk bagi kesehatanmu lho, guys. Menahan kencing seringkali dilakukan banyak orang karena alasan tertentu. Bisa karena tempat buang air (WC) yang kotor atau alasan lainnya.

Seperti video yang dilansir brilio.net dari cosmopolitan, Jumat (22/1), menjelaskan mengapa kamu tak boleh menyepelekan menahan pipis. Jika seseorang memiliki masalah di kandung kemih seperti pompa yang kurang baik atau kandung kemih yang sudah berlebih maka bisa jadi saat buang air kecil, urine yang keluar tidak sampai selesai. Sisa urine yang tertinggal di kandung kemih bisa menyebabkan infeksi di saluran kemih.

Dinding kandung kemih memiliki reseptor yang mengukur berapa banyak kandung kemih mampu untuk menampung urin yang masuk. Ketika kandung kemih kamu hampir penuh, reseptor ini akan mengirim sinyal ke otak untuk memberitahu kamu bila telah tiba waktunya untuk ke kamar mandi.

Dalam situasi yang normal, otak akan mengirim sinyal ke kandung kemih untuk menutup erat sampai waktu yang tepat tiba (ketika di toilet). Kebanyakan orang dewasa memiliki kontrol, dan bisa menahan buang air kecil selama diperlukan. Hanya saja bila berlebihan akan menimbulkan penyakit akibat menahan kencing ini. Selain itu, semakin lama menahan kencing, kandung kemih menjadi tempat bersarangnya bakteri. Bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi yang dapat menyebar ke ginjal dan kemungkinan menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada tubuh.

Hiii, masih mau nahan pipis, guys?

Loading...