1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Kesehatan
Ismarlina Mokodompit 19 Februari 2016 23:03

Ini bahaya kadar gula minuman panas yang dipesan di kafe, yakin sehat?

Sering kamu sepelekan karena tak kamu bisa merasakan akibat fatalnya sekarang. Ya kan?

Brilio.net - Sering nongkrong di kafe sambil menikmati manisnya segelas kopi atau cokelat panas? Buat kamu yang pecinta minuman manis tapi peduli dengan asupan gula harian, sebaiknya perlu mewaspadai kandungan gula dalam segelas minuman yang biasa kamu pesan.

Sebab sebuah lembaga pegiat kesehatan, Action on Sugar, sudah menganalisa jumlah gula dalam 131 minuman panas pada menu jaringan gerai kafe terkenal seperti Starbucks, Costa dan Caffe Nero. Hasilnya, lebih dari sepertiga dari minuman di kafe cepat saji ini mengandung gula lebih dari sekaleng Coca-Cola yang berisi sembilan sendok teh gula. Waduh!

Sebagaimana dilansir brilio.net dari sheknows, Jumat (19/2), contoh mengejutkan dari minuman yang LSM ini temukan adalah minuman di Starbucks, seperti venti Grape with Chai, Orange dan Cinnamon Hot Mulled Fruit ditemukan mengandung tingkat gula tertinggi, dengan 25 sendok teh per satu porsi.

Di kafe Costa, Massimo (eat in) Chai Latte ditemukan mengandung 20 sendok teh gula, sementara venti White Chocolate Mocha dengan Whipped Cream buatan Starbucks mengandung 18 sendok teh. Minuman KFC Mocha dan Signature Hot Chocolate Starbucks masing-masing berisi 15 sendok teh gula, sementara Caramelatte di Cafe Nero mengandung 13 sendok.

Peneliti Action on Sugar, Kawther Hashem, telah mendesak jaringan kafe untuk membatasi penggunaan gula di minuman mereka, memperbaiki label, dan menghentikan minuman berukuran sangat besar. Khususnya seperti di Starbucks yang masih menawarkan minuman dengan ukuran lebih besar dari rata-rata ukuran minuman di kafe.

WAJIB KAMU BACA: Ini alasan kenapa penyakit jantung, stroke & diabetes bikin cepat mati

Menurut laman The Guardian, pihak Starbucks menyatakan komitmennya untuk mengurangi gula tambahan dalam minumannya sampai 25 persen pada tahun 2020. Selain itu, informasi nutrisi setiap minuman akan tersedia di gerai dan situs webnya.

Layanan Kesehatan Inggris, NHS menyatakan bahwa kebanyakan orang di Inggris, baik orang dewasa dan anak-anak makan terlalu banyak gula. Asupan gula yang berlebihan meningkatkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas yang pada akhirnya bisa memicu risiko diabetes, penyakit jantung dan kondisi kesehatan lainnya. Selain itu, gula juga dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Dengan demikian, NHS menyarankan porsi konsumsi gula tambahan per hari bagi umur 11 tahun atau lebih adalah sekitar 30 gram atau tujuh sendok teh. Jadi, sebaiknya jadikan minuman panas dengan rasa tambahan sebagai minuman yang dikonsumsi sesekali ya bukannya malah minuman sehari-hari. Kesehatanmu lho!

 

(brl/gib)

YOU MAY ALSO LIKE

BRILIO VIDEO

#BRILIOASKYOU Kamu Pilih Mana Hayo?
Yuk, kita coba pahami keinginan para cewek! Jangan lupa komennya ya Guys. -SUBSCRIBE- http://bit.ly/1S5PBgw -WEBSITE- http://brilio.net -FACEBOOK- ...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?