Brilio.net - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dinyatakan positif terpapar virus corona setelah dilakukan uji medis. Kondisi ini membuat Johnson sebagai pemimpin dunia pertama yang terkena virus corona. Kepala Petugas Medis Chris Whitty menganjurkan agar Johnson melakukan tes setelah mengalami gejala ringan dan batuk.

Melalui akun Twitternya, pria berusia 55 tahun ini menegaskan bahwa dirinya saat ini sedang melakukan isolasi diri. Namun dia akan terus memimpin langkah pemerintah Inggris dalam melawan virus ini.

“Selama 24 jam terakhir saya telah menunjukan gejala-gejala ringan dan dites positif virus corona. Saya sekarang mengisolasi diri, tetapi akan terus memimpin upaya pemerintah melalui konferensi video untuk melawan virus ini. Bersama kita akan mengalahkan ini. #StayHomeSaveLives,” tulis Johnson.

Loading...

Saat ini, Johnson mengisolasi diri di Downing Street 10, rumah dinas sekaligus kantor Perdana Menteri. Sebelumnya, pihak Downing Street mengatakan Menteri Luar Negeri Dominic Raab akan menggantikan sementara posisi Johnson jika dirinya tidak mampu bekerja karena harus mengisolasi diri.

“Setelah mengalami gejala ringan kemarin, Perdana Menteri diuji untuk virus corona atas saran Kepala Staf Medis Inggris, Profesor Chris Whitty. Tes dilakukan di Downing Street 10 oleh staf NHS dan hasilnya positif. Sesuai protokol, Perdana Menteri mengisolasi diri di Downing Street,” ujar juru bicara Downing Street seperti dilansir talkingpointsmemo.com, Jumat (27/3).

PM Inggris Positif Corona © 2020 brilio.netBoris Johnson berada di luar Downing Street No10 dan menjaga jarak saat berbicara dengan Kanselir Rishi Sunak (Dok.PA via Dailymail)

Awal bulan ini, Johnson mengimbau warga Inggris tentang perlunya menjaga jarak sosial, Namun kepada wartawan dia mengaku masih “berjabat tangan” dengan sejumlah kalangan, termasuk dengan pasien yang positif corona saat mengunjungi rumah sakit.

Selain Johnson, tunangannya Carrie Symonds yang sedang hamil juga diduga melakukan isolasi sesuai dengan saran pemerintah.