Brilio.net - Gempa dengan kekuatan 7,3 pada Skala Richter mengguncang Prefektur Fukushima di bagian timur-laut Jepang pada Selasa (22/11), seperti dilaporkan Badan Meteorologi Jepang.

Gempa pada pukul 05.59 waktu setempat tersebut tercatat di bawah 5 pada Skala Seismik Jepang, yang memiliki 7 tingkat, di Prefektur Fukushima.

Peringatan tsunami tiga meter dikeluarkan dan gelombang pertama tsunami terlihat di lepas pantai 20 kilometer di sebelah timur Kota Iwaki di Prefektur Fukushima.

Gempa Jepang © 2016 brilio.net

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

 

Pusat gempa itu ditetapkan berada pada 37,3 derajat Lintang Utara dan 141,6 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer, kata lembaga tersebut.

Guncangan terpusat di perairan lepas pantai Prefektur Fukushima, yang berbatasan dengan Samudera Pasifik dan berada di sebelah timur-laut Ibu Kota Jepang, Tokyo.

Guncangan juga terasa di Tokyo Tengah serta mengguncang prefektur di bagian timur-laut Jepang termasuk Tochigi dan Ibaraki.

Sebagian layanan kereta Shinknsen dihentikan di Jepang Timur.

Sejauh ini tak ada laporan kondisi tidak normal yang terjadi di pembangkit listrik tenaga nuklir, Fukushima No.1 dan No.2, di Prefektur Fukushima dan pembangkit listrik tenaga nuklir di Prefektur Miyagi di bagian timur-laut Jepang.

Sejauh ini tak ada laporan mengenai kerusakan besar atau orang yang cedera.

(brl/tis)

(brl/tis)