Brilio.net - Sebagian besar wilayah Indonesia kini mulai memasuki musim hujan. Banyak yang menganggap musim hujan sebagai berkah karena mendatangkan air hujan berlimpah dan udara sejuk.

Di sisi lain, musim hujan juga bisa membawa beragam masalah. Tak heran jika musim hujan dipandang negatif oleh beberapa pihak, seperti fotografer. Hal ini biasanya karena kondisi basah akibat hujan bisa merusak peralatan fotografi.

Terlepas dari masalah itu, jika tahu triknya, ternyata memotret saat hujan bisa menghasilkan foto yang keren. Kesan yang diberikan dari hasil potret saat hujan  akan tampak dramatis dan estetik.

Kini kamu sudah bisa mendapat foto keren saat hujan hanya bermodalkan HP, loh. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk langsung simak informasinya berikut ini seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (29/11).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Manfaatkan pantulan genangan air.

foto keren saat hujan © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Saat hujan selesai, biasanya akan ditemukan genangan air di beberapa tempat. Genangan air ini bisa memantulkan bangunan atau suasana sekitar.

Untuk itu, kamu bisa memanfaatkannya sebagai subjek foto. Usahakan cari genangan air dengan pantulan yang menarik.

2. Manfaatkan elemen sekitar.

foto keren saat hujan © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Untuk hasil yang lebih memukau, kamu bisa memasukkan elemen di sekitar. Selain subjek utama, coba masukkan benda-benda dalam frame yang bisa mempertegas kondisi hujan. Misalnya, seperti payung yang digunakan. Dengan begitu, hasil foto akan terlihat lebih kaya dan berbeda.

3. Tetesan air hujan jadi latar belakang.

foto keren saat hujan © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Tetesan air hujan bisa jadi latar belakang foto yang menarik. Untuk memotret tetesan air hujan di jendela, kamu bisa menggunakan kamera HP dan mengatur fokus pada jarak yang sangat dekat. Lalu sesuaikan kembali fokus dan exposure kamera sampai mendapat hasil yang diinginkan.

Memotret tetesan air hujan bisa dilakukan tanpa basah-basahan. Namun, bisa juga dilakukan dari luar ruangan untuk hasil yang berbeda.

Jangan khawatir HP rusak saat memotret di bawah hujan. Saat ini sudah banyak HP yang dibekali teknologi tahan air, seperti Oppo A95.

Berkat sertifikasi IPX4 di dalamnya, Oppo A95 mampu tahan terhadap percikan air. Teknologi ini juga membuat Oppo A95 jadi 'teman setia' untuk melewati musim hujan. Tak perlu khawatir lagi smartphone terkena cipratan air atau gerimis hujan saat beraktivitas di luar ruangan.

foto keren saat hujan © 2021 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Menariknya, disamping memiliki fitur IPX4, Oppo A95 juga hadir dengan sederet fitur unggulan. Mulai dari baterai besar 5.000 mAh yang dilengkapi 33W Flash Charge, layar AMOLED hingga teknologi expansi RAM.

Pada bagian kamera, Oppo A95 dibekali tiga kamera belakang yang terdiri dari 48MP kamera utama, 2MP kamera makro, dan 2MP kamera bokeh. Sementara, kamera depan beresolusi 16 MP yang bisa memaksimalkan pengalaman selfie.

foto keren saat hujan © 2021 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Hadir dalam dua warna Glowing Rainbow Silver dan Glowing Starry Black, kini Oppo A95 sudah bisa kamu dapatkan. Oppo A95 bisa dipesan lewat aplikasi Oppo Store dan Oppo Official Store di Shopee serta Lazada.

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap tentang Oppo A95.

4. Tidak menggunakan flash saat memotret.

foto keren saat hujan © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Pastikan untuk menghindari penggunaan flash jika memotret saat hujan. Hal ini karena flash berpotensi membuat efek yang tidak natural pada hasil foto.

Untuk itu, lebih baik gunakan pencahayaan alami agar hasil foto lebih dramatis. Dengan cahaya alami, kamu juga bisa menyesuaikan fungsi exposure untuk menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk.

5. Tak perlu di bawah hujan.

foto keren saat hujan © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Untuk menghasilkan foto yang bagus, tak selamanya harus dilakukan langsung di bawah guyuran hujan. Memotret dari balik jendela rumah atau dalam mobil jadi beberapa cara yang bisa dilakukan.

Namun, pastikan tidak ada yang menghalangi subjek utama saat memotret. Jika memotret dari dalam mobil, usahakan jendela mobil bersih dan tidak memantul.

(brl/lak)