Brilio.net - Orang tua sudah akrab dengan SMS atau Short Message Service. Layanan pesan instan ini bisa digunakan dari hp jadul sampe smartphone masa kini. Nggak heran, layanan ini tetap digunakan hingga sekarang. Selain itu, layanan suara telepon biasa juga jadi andalan orang tua untuk berkomunikasi. 

Zaman sudah berubah, banyak orang tua yang sudah melek dengan layanan pesan instan modern seperti WhatsApp. Aplikasi ini memang ringan dan bisa digunakan di segala smartphone. Yups, WhatsApp diklaim lebih mudah digunakan ketimbang aplikasi lainnya, terlebih tampilannya juga sederhana. Apalagi kini banyak fitur yang ditawarkan untuk mempermudah obrolan. 

Bagi orang tua tentunya menginginkan yang simple dan tinggal klik saja. Nah, ternyata sebagian orang tua masih awam dengan beberapa fitur WhatsApp yang bisa mudahkan chatting. Apa saja fitur Whatsapp yang anti ribet ini? Berikut ulasannya seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (20/6).

1. Fitur pesan terusan.

Fitur WhatsApp mudahkan orang tua saat chatting © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Fitur forward adalah cara cepat yang disematkan aplikasi WhatsApp untuk meneruskan pesan dari obrolan (chat) satu ke obrolan lainnya. Dengan fitur terusan ini orang tua nggak perlu ribet menyalin dan menempel pesan teks. Apalagi pesan terusan ini hanya tinggal klik sehingga praktis digunakan.

2. Fitur balas cepat atau auto reply.

Fitur WhatsApp mudahkan orang tua saat chatting © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

WhatsApp memiliki fitur tambahan berupa balas cepat atau auto replay. Nantinya melalui fitur ini orang tua tak perlu lagi menuliskan chat atau pesan di WhatsApp. Cukup mengetikkan garis miring kemudian memilih daftar chat yang sudah terpampang di layar Smartphone. Perlu diketahui, untuk bisa memanfaatkan fitur balas cepat ini, kamu perlu melakukan pengaturan WhatsApp bisnis.

3. Tandai pesan.

Fitur WhatsApp mudahkan orang tua saat chatting © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Dari banyaknya chat WhatsApp biasanya ada beberapa obrolan penting yang terkadang tenggelam dengan pesan-pesan baru. Kini WhatsApp pun meningkatkan layanan dengan fitur tandai pesan

Kamu bisa menandai pesan penting tersebut dengan simbol bintang. Pesan tersebut kemudian akan dikumpulkan dalam satu tempat khusus dengan pesan lainnya yang mendapat tanda serupa.

4. Mark as read.

Fitur WhatsApp mudahkan orang tua saat chatting © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Fitur selanjutnya yaitu mark as read atau tandai pesan telah dibaca. Saat kamu mendapat pesan yang muncul di pop up, akan muncul tombol pintas "Mark as read" di samping opsi "Reply to". Nah, ketika kamu memilih mark as read maka notifikasi akan hilang dan ditandai sebagai pesan yang sudah terbaca atau centang biru. Cukup dengan satu ketukan, seolah-olah sudah terbaca.

5. Reaksi emoji.

Fitur WhatsApp mudahkan orang tua saat chatting © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Terbaru, WhatsApp meluncurkan fitur emoji. Fitur ini mempermudah kamu terutama orang tua untuk menanggapi chat dari pengguna lain dengan memakai emoji yang tersedia. Mulai dari emoji jempol, hati, tertawa, sedih, terkejut, sedih, hingga simbol terima kasih.

Nah memilih smartphone untuk orang tua tidak boleh sembarangan. Kebutuhan orang tua akan smartphone berbeda dengan anak muda. Mereka tidak ingin smartphone yang lemot dan ribet. Terpenting bagi mereka adalah alat komunikasi yang tangguh dan handal untuk terhubung dengan sanak saudara.

OPPO A16K menjawab kebutuhan tersebut. Smartphone ini tangguh dengan sertifikasi IPX4 sehingga membuatnya tahan terhadap percikan air. Setiap tombol dan port chargernya juga sudah melewati pengujian ketat hingga 100.000 kali. Kapasitas baterai 4.230 mAh juga semakin nyaman digunakan seharian. Orang tua yang sering lupa charging juga tak masalah.

Fitur WhatsApp mudahkan orang tua saat chatting © 2022 brilio.net

foto: OPPO

Smartphone ini dilengkapi dengan fitur Optimized Night Charging yang mengoptimalkan proses pengisian daya di malam hari sehingga selalu siap sedia digunakan di pagi harinya. Ada pula fitur Super Power Saving Mode agar proses pengisian ulang baterai lebih aman. Selain itu, sektor pengisian daya pada ponsel ini juga sudah mendukung pengisian daya cepat dengan kekuatan arus 10 Watt.

A16K mengandalkan chipset MediaTek Helio G35 pada aspek performa, berikut RAM LPDDR4X 4 GB dan memori penyimpanan 64 GB. Disektor fotografi, Oppo A16K dibekali kamera utama yakni lensa dengan resolusi 13 MP. Sedangkan untuk mengakomodir keperluan mengambil foto selfie dan panggilan video, Oppo sudah menyediakan kamera depan dengan resolusi 5 MP.

Dengan desain mewah, keren, tipis, elegan, dan ringan, perangkat ini tersedia dalam dua warna, putih dan hitam. Ponsel ini bisa dibeli lewat aplikasi Oppo Store yang telah terpasang di seluruh smartphone Oppo. Oppo A16K juga bisa dibeli di Oppo Official Store dan marketplace rekanan Oppo. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, kamu bisa klik di sini.