Brilio.net - Kuliah Kerja Nyata (KKN) kerap menjadi momen paling berkesan bagi mahasiswa. Pasalnya, di momen tersebut, mahasiswa belajar untuk berbaur dan membuat program di tengah desa yang tak pernah didatangi sebelumnya. Lebih dari itu, mahasiswa juga harus berkolaborasi dengan teman satu kelompoknya untuk menyukseskan KKN. Meskipun begitu, tak semua momen KKN berjalan dengan lancar. Ada suka dan duka yang harus dihadapi oleh setiap mahasiswa.

Sudah menjadi rahasia umum kalau kegiatan KKN ini nggak bakalan berlangsung mudah. Tapi ternyata, selalu saja ada mahasiswa yang tampak enggan menjalani kesulitan-kesulitan yang mengiringi proses KKN. Nggak jarang para mahasiswa bakalan mengeluh dengan berbagai hal yang dialami selama masa KKN. Mengeluh tentu wajar, tapi kalau sampai diunggah di media sosial, efeknya bisa ke mana-mana.

Seperti yang terjadi pada sekelompok mahasiswa ini. Mereka adalah mahasiswa Universitas Negeri Padang yang sedang menjalankan KKN di desa Bungus Barat, Sumatera Barat.

KKN bungus barat © TikTok

foto: TikTok/@singgahisaja

Mungkin mereka tinggal di kota tak terbiasa dengan keadaan desa yang serba apa adanya. Karena itulah, mereka mengeluhkan fasilitas rumah tempat mereka menginap di lokasi KKN. Melalui sebuah video yang diunggah di story Instagram, mereka berkata, "Kalian libur semester? Mana maen. KKN lah. KKN kalian di mana? Tanah Datar? Lima puluh kota? Bungus lah. Air nggak ada, mandi di musala, tempat tinggal bayar.”