Chintya Amelia ibu dua anak yang tergolong masih muda itu sempat viral di FYP TikTok karena konten frugal living yang dibuatnya. Dalam postingan tersebut, Chintya mengungkapkan perjalanannya yang bisa hidup hemat karena frugal living hingga bisa ke beli mobil di usia 25 tahun.

frugal living beli mobil 25 tahun © TikTok

frugal living beli mobil 25 tahun
TikTok/@chintyamelsan

Walau ada beberapa yang menanggapi konten tersebut dengan positif, akan tetapi tidak sedikit juga respons negatif dari warganet. Dari konten-konten frugal living tersebut banyak orang yang salah kaprah dan mengira Chintya sudah kaya sejak kecil. Selain itu, diakuinya, konten frugal living miliknya banjir hujatan.

"Gimana rasanya punya konten hujatan semua cuma karena share konten soal hidup hemat," katanya.

"Jujur aku sendiri gapapa banget dengan hujatan kalian. Tapi orang terdekat pada khawatir dan takut aku kenapa-kenapa," kata Chintya dalam video.

frugal living beli mobil 25 tahun © TikTok

frugal living beli mobil 25 tahun
TikTok/@chintyamelsan

Harapan Chintya dengan mengunggah konten frugal living adalah sekadar berbagai informasi dan memotivitasi. Dia tidak menyangka kontennya itu malah mendapat respons negatif seperti dapat hujatan dari warganet.

"Dan dari awal niatnya cuma pengen memotivitasi kalian, orang-orang yang terlahir nggak punya apa-apa, jadi bisa sesuatu," lanjutnya.

Chintya juga menambahkan bahwa dia tidak berpikir kalau konten frugal living bisa membuat orang terganggu bahkan hingga saling membenci. Meski begitu, dia sadar, kalau dirinya tidak bisa menyenangkan semua orang. Sekalipun tujuannya baik, belum tentu semua orang akan mengerti.

frugal living beli mobil 25 tahun © TikTok

frugal living beli mobil 25 tahun
TikTok/@chintyamelsan

Dengan semua risiko yang dihadapi Chintya, keluarganya pun meminta untuk dia stop membagikan konten frugal living. Keputusan ini diambil demi kebaikan Chintya dan keluarga yang memang sudah terusik dengan hujatan dari warganet.

"Jadi untuk semua yang ngehujat, aku harap kalian punya kehidupan yang baik, supaya bisa lebih mikir kalau ngetik di kolom komentar. Karena aku sama sekali nggak ada niat untuk usik kalian. Sampai orang terdekat aku ngerasa takut dan minta aku stop bahas konten hemat demi kebaikan aku. Chintya Melsan is signing out," pungkas Chintya.

frugal living beli mobil 25 tahun © TikTok

frugal living beli mobil 25 tahun
TikTok/@chintyamelsan

Video itu ramai komentar dari warganet. Ada yang menyayangkan keputusan Chintya karena berhenti membagikan konten frugal living. Banyak pula yang memberikan masukan agar konten frugal livingnya tetap menarik untuk dilihat, semua itu ditinggalkan di kolom komentar.

"Saya tetep suka meski ceritanya diulang pun, banyak pelajarannya buat sesama ibuk2," ujar akun Zahra Shafiyah.

"padahal cuma tinggal ganti script aja loh mba, gaada yang komen konten mba jelek ko. cuma scriptnya sama mulu aja hihi," balas @seblakcoet.etetet.

"sebenernya ga ganggu & ga benci jg si ka. justru aku terinspirasi buat frugal karena konten kk. tp mungkin pembahasan nya bs di ganti / di variasi," ungkap @gwyn.star.

"Kak sy termasuk yg gpp kalau cerita diulang2. Berasa teman dekat yg kalau seneng kita bakal cerita itu terus. Tetap semangat ya kak," timpal @Rina Rufiati.

@chintyamelsan Im signing out dari #frugalliving suara asli - ale