Dia adalah Iwan, pria yang menyandang status duda dan tinggal di bawah pohon di tengah kebun. Menurut informasi yang disampaikan akun @polisidesaku, Iwan dulunya memiliki istri orang Klaten. Namun karena sudah pisah jadi tinggal mereka berdua saja.

"Pak Bhabin evakuasi keluarga dari gubuk reot, pak iwan asli kudus dulu mempunyai istri orang klaten, tp saat ini sudah pisah." begitu caption kolom keterangan video.

bapak anak tinggal di kebun © TikTok

foto: TikTok/@polisidesaku

Sudah tiga bulan Iwan dan anaknya tinggal di dalam gubuk reot buatannya. Gubuk itu sangat amat sederhana dan tidak layak huni. Atapnya terbuat dari sisa kayu yang dirakit dengan alat seadanya. Bapak dan anak ini tidur di atas tanah dengan beralaskan tikar tipis. Tidak ada dinding tebal yang menghalangi.

Dalam gubuk tersebut hanya ada sedikit barang-barang milik bapak dan anak ini. Satu-satunya kendaraan yang dimiliki adalah sepeda ontel. Selama di sana, petugas Bhabinkamtibmas mendengarkan cerita dari Iwan hingga bisa sampai berada di kondisi seperti sekarang.

"Kita dengarkan cerita beliau hingga bisa seperti ini. Mungkin kalau kita yang mengalami nggak akan kuat dan sabar seperti beliau." ujarnya.

bapak anak tinggal di kebun © TikTok

foto: TikTok/@polisidesaku

Bersama perangkat desa, petugas berwenang mencarikan rumah yang layak huni untuk Iwan dan anaknya. Mereka membantu mengemasi semua barang milik bapak dan anak, karena sebentar lagi keduanya akan tinggal di indekos atau kos-kosan yang lebih layak.

"Untuk kita bawa ke kos-kosan, di gubuk ini sudah tiga bulan dan pernah mengalami kehujanan," lanjutnya.

Kini Iwan dan anaknya sudah bisa sedikit bernapas lega, sebab mereka tidak lagi tinggal di tengah kebun. Anak dari Iwan juga bisa belajar dengan tenang dan nyaman sebab tidak kehujanan lagi.

bapak anak tinggal di kebun © TikTok

foto: TikTok/@polisidesaku

Video yang diunggah oleh @polisidesaku ini seketika mendapat perhatian dari warganet. Beragam tanggapan ditinggalkan oleh warga TikTok lewat kolom komentar.

"ini malah gk bs dibilang gubug, smga sllu diberi kekuatan n kesabarn,,
smga adekny jd org sukses aamiin," kata @arimice14.

"ya allah..br saja aku mengeluh tentang hidupku knp begini..ternyata ada yg jauh lebih susah dr akuastagfirullah," ungkap @NoName.

"tolong berikan pekerjaan biar bisa menyambung hidup jg membiayai anaknya sekolah pak tolong banget,insya allah amal jariyah kagem Njenengan," ujar @wongjowoojoilangjowo.

"terima kasih bpk bhabin,bpk perangkat desa,bpk rt/rw setempat sekarang bpk iwan & anaknya mendapatkan tempat yg layak....," timpal siembul.

@polisidesaku Pak Bhabin evakuasi keluarga dari gubug reot, pak iwan asli kudus dulu mempunyai istri orang klaten, tp saat ini sudah pisah. Sudah 3 bulan beliau tinggal di gubug reot di tengah kebon jati, kita evakuasi kita berikan pakaian yang layak dan tempat tinggal yang layak untuk beliau sekeluarga, untuk lebih jelasnya lihat videonya sampai selesai . . . @listyosigitprabowo @humas_poldajateng @divisihumaspolri #pakbhabin #bhabinkamtibmas #bhabimdesa #polri #polresklaten #fyp #klaten #polisi #fyp #polresklatenhadir #viral #klatenhariini #klaten #polresklaten #polsekceper #ProfesionalitasJagaKeamanan #jogoklaten #polripresisi #polresklatenkeren #indonesiaindicator suara asli - Polisi Desa