Brilio.net - Melihat seorang ibu hamil yang sering muntah-muntah merupakan hal lumrah, apalagi di pagi hari yang sering disebut sebagai "morning sickness" atau mual pagi. Biasanya, kondisi tersebut sering dialami ibu hamil yang baru memasuki trimester pertama kehamilan. Nggak hanya terjadi di pagi hari, mual pada ibu hamil juga bisa datang kapan saja.

Penyebab pasti dari mual dan muntah selama kehamilan belum sepenuhnya dipahami. Namun, bisa jadi karena faktor hormonal, terutama peningkatan kadar hormon hCG (human chorionic gonadotropin) yang terjadi selama kehamilan awal. Meski hal yang lumrah, namun kondisi tersebut tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, tak sedikit ibu hamil yang berujung dirawat di rumah sakit karena mual.

Hal tersebut terjadi jika gejalanya parah atau disebut dengan hiperemesis gravidarum. Hiperemesis gravidarum adalah kondisi mual dan muntah yang parah selama kehamilan, sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menyebabkan dehidrasi, kekurangan berat badan, dan malnutrisi. Saat kondisi seperti itu, dukungan secara fisik dan mental sangat dibutuhkan ibu hamil, terutama dari pasangan.

Namun cerita berbeda justru dirasakan oleh seorang ibu hamil yang membagikan kisahnya di akun TikTok @dsmpermata. Lewat unggahannya, ia membagikan momennya saat harus dirawat di rumah sakit karena mual bawaannya hamil. Bukannya dapat perhatian dari sang suami, ia justru harus menelan pil pahit yang membuatnya begitu kecewa.