Brilio.net - Keterbatasan infrastruktur telekomunikasi menjadi salah satu alasan utama mengapa di pedalaman Indonesia seringkali sulit mendapatkan sinyal. Topografi pedalaman membuat sulit mendapatkan sinyal telekomunikasi yang kuat. Selain itu masih ada kendala geografis seperti pegunungan, hutan yang lebat, dan daerah terpencil juga menjadi penyebab sulitnya penyebaran infrastruktur.

Keadaan susah sinyal ini lah yang dirasakan oleh warga Kecamatan Woyla Barat Kabupaten Aceh Barat. Kisah mereka dalam mencari sinyal bisa dilihat dari video yang diposting oleh akun TikTok @zainpictur. Perjuangannya nggak kaleng-kaleng.

"Betapa susahnya mereka untuk mengakses internet," tulis pembuat video di caption.

susah sinyal © TikTok

foto: TikTok/@zainpictur

Di awal video memperlihatkan seorang pria memegang kotak. Kotak tersebut sudah terikat dengan tali yang digantung menggunakan bambu panjang. Salah seorang wanita dari sisi yang lain menarik sebuah tali dan menaikkan kotak tersebut hingga ke ujung bambu.

Panjang bambu itu pun nggak main-main. Tidak pasti angkanya berapa, tapi jika dilihat dari video bisa jadi 10 meter atau bahkan lebih.

Sesudah kotak tersebut sampai di ujung, tali yang digunakan untuk menaikkan diikat agar kotak tidak turun. Ternyata ini adalah cara bagaimana mereka untuk mendapatkan sinya.

"Jangankan satu hari tanpa internet. Kadang sejam saja berasa kayak nggak punya HP," tertulis di caption.

Ternyata kotak tersebut diisi dengan sebuah ponsel yang hotspotnya aktif. Ponsel tersebut sengaja ditaruh tinggi-tinggi agar bisa menangkap sinyal. Lalu, yang di bawah akan menghidupkan wifi dan menyambungkan dengan hotspot ponsel yang di atas tadi.

"Itu pakek HP bang, kalau udah di atas udah ada sinyalnya. Kemudian HPnya dihidupkan hostpot untuk dipakek rame," ujar pembuat video di kolom komentar.

susah sinyal © TikTok

foto: TikTok/@zainpictur

Tindakan ini tentu mengundang perhatian netizen. Ada yang menanyakan mengapa tidak ada sinyal di sana, apakah tidak ada tower di daerah tersebut. Pembuat video pun menjawab bahwa lokasi tower sangat jauh dari tempatnya, sehingga sinyalnya tidak terjangkau.