Brilio.net - Guru adalah sebuah profesi mulia untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai. Selain itu guru juga mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Menurut UU no.14 Tahun 2005 secara formal guru adalah seorang pengajar di sekolah negeri maupun swasta yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikan formal minimal berstatus sarjana. Dan juga guru telah memiliki ketetapan hukum yang sah sebagai guru berdasarkan undang-undang guru yang berlaku di Indonesia.

Secara beban kerja, tentu tugas guru sungguh berat. Ia menjadi pondasi bagaimana mencetak penerus bangsa selanjutnya. Namun, hal tersebut tidak sejalan dengan gaji yang di dapat. Gaji guru justru kecil di Indonesia.

Persis seperti pria ini yang berprofesi sebagai guru TK. Ia membagikan kisah gajian yang membuat netizen merasa miris. Kisahnya bisa dilihat lewat video TikTok yang diupload oleh akun @fafa_ahtar.

Dalam video ia sedang memegang amplop berwarna putih yang merupakan gajinya. Di awal ia menyebutkan nominal dalam amplop tersebut berjumlah Rp 2.4 juta rupiah. angka yang sebenarnya tidak terlalu kecil untuk sebuah profesi.

gaji guru tk kecil © TikTok

foto: TikTok/@fafa_ahfar