Namun, angka tersebut ternyata merupakan nominal gaji untuk dua orang guru. Jadi satunya hanya mendapat Rp 1.2 juta saja. Tak berhenti sampai di situ, yang lebih miris adalah 1.2 juta itu bukan gaji dalam 1 bulan, melain 4 bulan setelah mengajar.

Secara kalkulasi, gaji yang diterima guru TK tersebut sebulan hanya berjumlah 300 ribu rupiah. Padahal Berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2022, rata-rata pengeluaran orang Indonesia untuk kebutuhan dalam sebulan adalah Rp1.327.782 perorang. Namun, di video ia menyatakan tetap bersyukur dengan nominal tersebut.

"Alhamdulillah gajian dong guru TK," tulisnya di caption.

gaji guru tk kecil © TikTok

foto: TikTok/@fafa_ahfar

Inilah yang disebut kerja serius gaji bercanda. Padahal di video-video pria tersebut yang lain, ia melakukan usaha yang cukup ekstra untuk mengajari anak-anak TK.Ia harus multitalenta dan mengerti setiap karakter anak yang menjadi muridnya.

Rizal Sihombing Peneliti dari Lembaga Pengembangan Perencanaan Pendidikan - LP3 mengatakan bahwa gaji guru yang rendah menyebabkan guru sulit berkonsentrasi pada pekerjaannya. Mereka terpaksa mencari penghasilan tambahan, sehingga waktu dan tenaga untuk mengajar menjadi berkurang.

gaji guru tk kecil © TikTok

foto: TikTok/@fafa_ahfar

Video tersebut pun viral dan menjadi perhatian netizen. Banyak dari netizen yang membagikan cerita serupa, ia menerima gaji tak seberapa. Meski masih ada juga yang digaji dengan nominal lumayan.

"Alhamdulillah berarti di sekolahku gaji guru TK nya lumayan besaR," Kata akun @susandrayulyana

"harusnya gaji guru tk itu gede, karena aku melihat sendiri begitu repotnya mereka mengajar anak" apa lagi anakku yg super aktif," kata akun neng.nonk42

"d tempat saya 50rb dr awal berdirinya paud 2013 sampai 2023 alhamdulillah blm ada kenaikan gaji sama sekali," cerita dari akun @rasyaqnoy0

"aku pun begitu jadi guru TK alhamdulillah per 100rb itupun aku pake buat beli bahan" untuk membuat alat stimulasi anak" itupun masih pake uang pribadi," kata akun @hafidzah065.

gaji guru tk kecil © TikTok

foto: TikTok/@fafa_ahfar

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @fafa_ahtar sudah menghimpun 357.000 penonton. Selain itu terdapat juga 10.3000 akun yang memberi like dan 805 komentar.

@fafa_ahfar ALHAMDULILLAH GAJIAN DONK GURU TK #gajian #gurutk #guruhonorer #janganmenyerah Jangan Menyerah - risetardianjriwu