Meskipun dengan prestasi yang dimiliki sejak SD hingga S1, hal itu tak lantas membuat jalan Heru menjadi pegawai negeri sipil mudah. Saat seleksi kompetensi PPPK kemarin, Heru harus menerima kegagalan menjadi ASN.

curhat guru gagal asn © TikTok

foto: TikTok/@iyhou07

Meskipun nilainya cukup tinggi untuk ujian tertulis, tetapi Heru gagal pada tes wawancara. Dia mengaku kondisinya saat itu sedang tidak fit sehingga sulit konsentrasi.

"Iya kena d wawancara kk, saya lagi sakit pas ujian kak, udah berdoa minta dikasih konsentrasi karna susah konsentrasi saya kk mata pengennya tidur karna sy kalau sakit pengen nya tidur aja," ungkapnya dikutip dari kolom komentar postingan @iyhou07.

curhat guru gagal asn © TikTok

foto: TikTok/@iyhou07

Meski begitu, Heru tidak mau putus asa dalam menggapai cita-citanya sebagai ASN. Dia akan terus mencoba sampai diterima.

Ternyata bukan cuma Heru saja yang mengalami kejadian serupa. Banyak guru-guru lainnya yang bernasib sama dengan Heru. Mereka saling memberi semangat di kolom komentar.

"benar banget, kadang saya mikir, kayak nya saya percuma ya juara kelas,tapi yg jdi ASN duluan teman saya yang gk pernah juara,tp nikmati aja," kata @Olshopwira.

"asn ga ada hubungannya sma juara tp lbh ke rejeki," komentar @AnisWulansari895.

"pernah d posisi ini, org taunya qt high value, qualified, test jg nilai tinggi, tp nmny rejeki g ad yg tau. aq dpt NIP 10 th stlh lulus kul usia 30+," ungkap @Bulir Padi.

"biasanya yg pintar akan kalah SM yg beruntung...," timpal @Rhyva.