Brilio.net - Sebagai anak rantau yang hidupnya ditopang oleh orang tua, membuat sebagian dari mereka harus pintar-pintar mengelola keuangaan. Apalagi jika tidak punya pekerjaan sampingan, uang masuk untuk kebutuhan hanya didapat dari transferan bapak atau ibu.

Sekarang bagaimana jika mendapatkan uang jajan yang kecil dari orang tua? Otomatis kamu dipaksa untuk hidup hemat dan menahan diri bila hendak membeli sesuatu. Hal itulah yang dirasakan oleh wanita ini. Merantau demi menimba ilmu di bangku kuliah, wanita ini harus bertahan hidup dengan saldo Rp 50 ribu per minggu. Kisahnya diunggah lewat TikTok @callmefreyaa2, Jumat (3/5).

"Ortu nya mmg (memang) kasih segitu? iya mama aku hanya mampu ngasih segitu seperti yg aku bilang di vt sebelumnya," ungkap sang pemilik akun, dikutip @callmefreyaa2, Jumat (10/5).

50 ribu hidup seminggu © 2024 TikTok

50 ribu hidup seminggu
© 2024 TikTok/@callmefreyaa2

Sebenarnya bukan tanpa alasan mengapa mahasiswi bernama Freya ini hanya diberi uang jajan Rp 50 ribu dalam seminggu. Kondisi itu terpaksa ia jalani karena ibunya seorang single parent (orang tua tunggal). Ayahnya telah meninggal dunia, sehingga wanita ini harus lebih mengerti kondisinya.

Sesekali dia diberi uang jajan lebih. Namun, itu hanya terjadi jika ada keperluan yang super mendesak. Jika tidak ada sama sekali sesuatu yang hendak dibayar sementara ibunya mengirim uang lebih, biasanya Freya akan menolaknya.

"Terkadang mau kasih (uang jajan) lebih gak? mau. Kalau mama aku ada rezeki lebih. Tapi itu pun kalau kebutuhan gak mendesak," jelasnya.

50 ribu hidup seminggu © 2024 TikTok

50 ribu hidup seminggu
© 2024 TikTok/@callmefreyaa2

Ternyata uang Rp 50 ribu tersebut bukan hanya untuknya seorang diri. Ia juga memiliki adik yang sama-sama berkuliah. Karena itu Freya selalu memikirkan cara mengelola uang itu agar bisa cukup untuk dua orang.