Brilio.net - Buat kamu generasi milenial dan z pasti sangat penting untuk menghemat, apalagi sebagai anak rantau yang harus mengelola keuangan agar tidak boncos di akhir bulan. Gaya hidup yang semakin tinggi membuat kamu susah untuk menabung dan mengatur pengeluaran uangmu. Padahal ketika kamu bisa mengatur keuanganmu, maka kamu sedang menyelamatkan hidupmu ketika ada kebutuhan yang keluar secara tiba-tiba.

Hidup hemat menjadi salah satu cara untuk mengatur gaya hidup yang kadang menjadi impulsif, apalagi kamu masih kuliah atau belum dapat pekerjaan yang pasti. Berhemat dan menabung menjadi kuncinya, bukan? Mungkin saat ini kamu masih mendapatkan kiriman uang dari orang tuamu sehingga masih santai dan tenang, karena setiap bulan ada pemasukan, kalau misalkan habis maka tinggal minta lagi.

Jika kamu mempunyai cita-cita memiliki tabungan yang cukup ketika hidup di perantauan, kamu harus pintar dalam mengatur pengeluaran, contohnya kamu dapat menghemat uang 100 ribu untuk seminggu. Mungkin terdengar mustahil, tapi sebenarnya kamu bisa melakukannya dengan membaginya sesuai kebetuhanmu.

Cara menghemat uang.

Hidup hemat harus mulai kamu terapkan, brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber untuk kamu dapat menghemat uang 100 ribu untuk seminggu, Senin (12/2).

1. Buat daftar belanja mingguan

Cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu © Freepik

foto: Freepik

Membuat daftar belanja mingguan sangat berpengaruh bagi keuanganmu. Cobalah untuk memeriksa stok bahan makanan yang kamu punya dan perkirakan berapa lama lagi akan habis. Tetapkan pengeluaran belanja dalam seminggu ke depan agar kamu tahu pasti alokasi uang 100 ribu dalam seminggu itu untuk belanja apa saja. Selain itu, kamu juga dapat mengidentifikasikan di mana kamu dapat mengurangi pengeluaran.

2. Tulis menu masakan seminggu

Cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu © Freepik

foto: Freepik

Kalau kamu suka makan dan minum di luar, cobalah untuk menguranginya karena itu cukup berpengaruh. Itu pentingnya membuat daftar belanjar dalam seminggu. Selain daftar belanja, kamu juga bisa menulis menu masakan untuk seminggu, jadi kebiasaanmu makan dan minum di luar bisa digantikan dengan membawanya sendiri dari kos. Selain bisa menghemat pengeluaran di makan dan minum, kamu juga bisa memasak makanan yang kamu suka dan lebih sehat. Jika kamu dulunya suka makanan cepat saji yang memiliki harga mahal, sekarang kamu bisa mengalihkan uang tersebut untuk yang lain.

3. Pilih transportasi umum yang murah

Cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu © Freepik

foto: pch.vector

Selain mengurangi emisi karbon dari kendaraan, memilih transportasi umum yang murah juga mampu menghemat pengeluaran kamu. Tidak perlu memikirkan seberapa banyak bensin yang harus kamu beli agar cukup dalam seminggu, kamu hanya tinggal duduk menikmati jalanan dari kos sampai tempat kuliah atau kerja. Selain itu, memilih transportasi umum juga memberikan pengalaman yang seru bagi kamu yang dulunya sering ke mana-mana memakai motor atau mobil sendiri.