Curiga dengan keadaan tersebut, si pemilik kontrakan mencoba menelusuri penyebab tagihan listrik selalu tinggi. Rupanya, si pemilik akun memiliki kecurigaan jika listriknya diambil oleh orang tak bertanggung jawab. Karena tak ingin menimbulkan kegaduhan, ia menyesuri rumah tetangganya untuk mengeceknya pada dini hari.

Lihatlah rumah yg ada mobil lampunya masih menyala guys, dan itu rumah yg punya kontrakan tempat aku ngontrak,” lanjutnya.

meteran listrik dicuri tetangga TikTok

foto: TikTok/@lina201198

Mula-mula, dirinya memperhatikan meteran listrik, dan beberapa lampu yang menyala di rumah tetangganya. Sesaat kemudian, ia lantas mematikan saklar listrik lewat meteran di rumahnya. Seharusnya, hanya listrik rumahnya yang mati saat saklar itu diturunkan.

Namun ternyata, ia menemukan kenyataan mengejutkan. Lampu di rumah tetangganya ikut padam setelah saklar listrik dimatikan. Begitupun dengan lampu jalannya. Ingin memastikan asumsinya tersebut, dia lantas kembali menyalakan saklar listrik di kontrakannya. Sesuai dugaan, lampu di depan rumah dan di jalan kembali ikut menyala.

Dan pas balik matikan meteran di kontrakan aku tiba-tiba lampu penerang yang di luar juga ikut mati, lho kok bisa?” tulis dalam videonya.

meteran listrik dicuri tetangga TikTok

foto: TikTok/@lina201198

Karena peristiwa itu, ia berpikir apakah mungkin listrik di rumahnya juga tersambung dengan rumah yang lainnya sehingga tagihannya menjadi boros.

“Bukan nuduh nyuri tapi kok bisa pas aku matikan meteran lampu di rumahnya ikut mati,” tulisnya.

Momen dalam video ini pun jadi viral di TikTok hingga ditonton 3,7 juta kali dan mendapat banyak sorotan dari warganet. Salah satunya menyarankan pemilik akun tersebut untuk melapor ke PLN agar bisa ditindak lebih lanjut.

"Lapor di aplikasi PLN Mobile mbak, aku biasa kalo lapor disitu. Nanti petugasnya dateng, gratis dan nggak bayar," tulis pemilik akun @bulu.kuc1ng.

"Sebelum lapor, matikan aja dulu meteran sampe yang punya kos nanya, 'kok mati lampunya', kalau bisa sekalian minta duit ganti biaya listrik yang udah kepake," timpal pemilik akun @pocutadzra.

"Cari tukang listrik aja, suruh cek aliran kabelnya, kalau ada yang keluar diputus aja, kalau ada yang komplain pura-pura gak tau aja," ujar akun @syahrulabdullah010706.

"Coba mas kosongkan pulsa listriknya, terus ditinggal jalan-jalan satu minggu. Coba itu diisiin listrik apa nggak," kata akun @aaira701.

 

@lina201198

 

suara asli - Lina