Sebelum merekam kejadian tersebut, @widiaafiati_ sempat meminta nomor telepon kakek pemilik becak itu. Pengunggah sepertinya ingin membantu kakek tersebut setelah bimbingannya selesai. Sayangnya, kakek tersebut tak punya nomor yang bisa dihubungi. Ia juga tak ingat nomor anaknya.

Alhasil, pengunggah hanya memberi ongkos pulang agar sang kakek bisa segera melapor ke anaknya dan polisi. Hingga pengunggah pulang, kakek tersebut masih berdiri di pinggir jalan, berharap becaknya dikembalikan oleh penumpang terkait.

"Bentar lagi saya balik, setengah jam lagi. Semoga abangnya (penumpang) balik bawa becak saya," ujar si kakek sepenuturan @widiaafiati_ yang dikutip brilio.net, Jumat (30/6).

Pak tua menangis karena becaknya dilarikan penumpang © TikTok

foto: TikTok/@widiaafiati_

Pada unggahan selanjutnya, @widiaafiati_ pun menyiarkan bahwa saluran donasi untuk kakek tersebut telah dibuka. Ia juga telah menemukan rumah kakek tersebut berkat bantuan dari warganet lain di Instagram. Kini donasi telah dikumpulkan.

Meski belum disalurkan, pada unggahan terbaru @widiaafiati_ mengaku akan memberikan donasinya dalam waktu dekat. Diakuinya, dalam suasana Idul Adha ini ia masih ada kegiatan lain yang perlu diselesaikan terlebih dahulu. Ia juga belum sempat mendatangi rumah kakek tersebut.

 

Pak tua menangis karena becaknya dilarikan penumpang © TikTok

foto: TikTok/@widiaafiati_

"Sebagai umat muslim mungkin masih ada yang merayakan Idul Adha. Bapak itu pun sepertinya Muslim juga," ujar akun @widiaafiati_.

"Saya juga masih ada kegiatan lain, Teman-teman. Jadi nggak bisa secepat itu langsung ke rumah bapak itu untuk serahin donasi itu," tambahnya.

Unggahan pertama @widiaafiati_ tentang kakek tersebut lantas viral di TikTok. Hingga kini, unggahan itu telah ditonton lebih dari 11,6 juta kali, dilike 1,3 juta kali, dan dikomentari 29 ribu kali. Di kolom komentar, warganet berbondong-bondong meminta pengunggah membuka donasi untuk membantu kakek yang kehilangan becaknya itu.

"ya allah tega kali, gak tega liat bapaknya sehat sehat pak, terus ini gimana apa udah buka donasi buat bapaknya?," ujar akun @syavindikta29

"yok kita patungan buat beli becak baruu ," tulis akun @mawaramadhana_

"yaallah pls bantu open donasi kak nitip klo udh open donasi ya guys buat si abah," komentar akun @nandapriscillia29

@widiaafiati_ Ga tega ngeliat nya tapi ga tau jugak mau ngapain tadi, mau minta tolong kesiapa juga ga tau #medantalk #medanpunyacerita #jcitymedan #fypage suara asli - justme