Brilio.net - Di beberapa daerah di Indonesia, banjir tampaknya sudah menjadi langganan. Hal ini pun membuat warganya tampak santai dan tak ambil pusing kala bencana alam itu tiba. Faktor utama yang menyebabkan Indonesia rentan terhadap banjir, diantaranya: kondisi iklim tropis dengan curah hujan yang tinggi, penyumbatan saluran air, pembangunan yang tidak terkendali, dan penebangan hutan yang tidak teratur memperparah dampak banjir.

Kondisi Indonesia langganan terhadap banjir pun diperjelas dalam catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pada 2022, terdapat 2.302 kejadian banjir yang terjadi di 278 kabupaten/kota di Indonesia. Banjir menyebabkan lebih dari 1,2 juta orang mengungsi dan kerugian materiil mencapai lebih dari 1,5 triliun.

Sudah biasa dengan kondisi banjir, masyarakat Indonesia pun tampak santai menghadapinya. Seperti yang diperlihatkan dalam video unggahan TikTok @vutengs. Alih-alih sibuk evakuasi, pas momen banjir tersebut malah dijadikan tempat wisata oleh warga sekitar. Bahkan para pedagang pun mengambil kesempatan tersebut.

Dalam unggahan tersebut. Tampak banjir sudah menenggelamkan jalanan aspal. Sehingga akses jalan pun tampak terhambat. Terlihat lokasi tersebut dikelilingi pepohonan sawit dan terlihat tidak ada rumah di sekitar. Namun, hal ini dianggap sebagai potensi ekonomi dan rekreasi. Tampak beberapa pedagang kaki lima telah menyusun dagangannya.

banjir jadi tempat wisata © TikTok

banjir jadi tempat wisata
TikTok/@vutengs

Lokasi tersebut justru bertambah ramai. Banyak anak-anak yang bermain air serasa di waterboom. Terlihat juga seorang warga memanfaatkan momen ini untuk mencuci motornya. Diketahui lokasi kejadian tersebut berada di Desa Batu Sawar, Kecamatan rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

banjir jadi tempat wisata © TikTok

banjir jadi tempat wisata
TikTok/@vutengs

"Pesona Riau," tulis pembuat video.

Kondisi banjir yang terbilang cukup parah, membuat warga sekitar tidak khawatir, justru mereka berbondong-bondong menikmati momen tersebut. Sekilas terlihat lokasi tersebut tampak seperti pasar, yang dipenuhi pedagang dan pembeli.

Ada yang asik menikmati air banjir yang terus mengalir tersebut, bak pemandian gratis. Dari atas tampak payung pedagang berwarna-warni menghiasi lokasi sekitar.