Brilio.net - Kamu pasti pernah melihat rumah atau bangunan yang punya kesan jadul. Saking membekasnya, kesan jadul di rumah itu bikin kamu terbawa nostalgia. Rumah jadul sendiri biasa ditandai dengan elemen-elemen bergaya klasik seperti pintu dan jendela yang antik dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, fitur-fitur di bangunan jadul juga lain dibanding bangunan modern. Fitur-fitur di rumah jadul, misalnya, kerap dianggap lebih sederhana dan tak ruwet ketimbang fitur rumah modern. Persoalannya, meskipun sederhana, nggak banyak orang yang paham cara mengoperasikannya.

Contohnya seperti yang diperlihatkan oleh video di akun TikTok @indonklaas, dilansir brilio.net pada Senin (25/12). Dalam videonya itu, pengunggah memperlihatkan seorang cowok yang nggak tahu cara mengunci pintu di hotel yang bergaya jadul.

Kunci pintu rumah jadul © TikTok

foto: TikTok/@indonklaas

Disebut jadul sebab bangunan hotel itu didominasi material kayu. Tak hanya itu, fiturnya pun juga nggak kalah antik. Misalnya saja fitur buat mengunci pintu. Biasanya, di bangunan modern, pintu diganjal dengan teknologi kunci yang menyatu dengan kenop. Kalau nggak, pintu biasanya diganjal dengan selot besi.