Namun, pintu yang ada di video itu berbeda. Sekilas, tak terlihat sama sekali kunci dan selot ataupun gembok yang lazim dipakai di pintu-pintu modern. Karenanya, pria yang ada di kamar itu pun bingung dan menghubungi resepsionis.

Kunci pintu rumah jadul © TikTok

foto: TikTok/@indonklaas

Resepsionis pun membalas santai, menyebut bahwa kuncinya ada di atas pintu. Lagi-lagi, cowok itu heran sebab ia tak menemukan apapun di atas pintu selain sebatang kayu kecil. Ia pun sempat menduga kayu itu adalah sebentuk pengganjal yang biasa ditaruh dibelakang pintu dan bisa diputar-putar.

Namun, lagi-lagi ia malah semakin norak karena keluguannya itu. Akhirnya, setelah mengulik bentuk pintu itu, ia pun paham. Ternyata, kayu kecil itu dipakai untuk mengganjal pintu lewat lubang di kusen.

Sebenarnya, sistem penguncian macam itu memang sangat lumrah di rumah-rumah jadul di kampung. Namun, mungkin cowok itu nggak terbiasa aja. Endingnya, ketika tahu cara mengunci pintu, cowok itu pun jadi ketawa nggak karuan.

Kunci pintu rumah jadul © TikTok

foto: TikTok/@indonklaas

Alhasil, video tersebut viral di TikTok. Hingga artikel ini ditulis, video tersebut telah ditonton 542,6 ribu kali, disukai 24,1 ribu kali, dan dikomentari 532 kali. Beberapa komentarnya tertulis sebagaimana berikut.

"Sebagai org yg besar di kampung aku liat ini normal bgt trnyata byk yg gk tau ya ada kunci beginian," ujar akun @whitesneakers.

"kelahiran 90an dan hidup di desa masih ngerti kok konsep kunci pintu gitu," komentar akun @ninda_rosita.

@indonklaas Receh banget sih ini #airbnb #jogja #airbnbjogja original sound - Klaas The Indon