Jarak dalam berbicara merupakan bentuk dari komunikasi non-verbal. Tahukah kamu bahwa jarak dianggap penting dalam proses komunikasi ? Jarak ini dianggap penting karena dapat menunjukkan kedekatan hubungan antar individu yang berkomunikasi. Jadi biasanya, semakin jauh jarak antar kamu dan lawan bicaramu, maka semakin kecil tingkat kedekatan kalian. Jarak yang kita tunjukkan dalam berkomunikasi menunjukkan apa yang kita rasakan pada satu sama lain pada saat komunikasi tersebut terjadi.

Contohnya adalah, ketika seseorang tiba tiba berbicara dengan jarak yang sangat dekat dengan wajahmu, kamu yang merasa tidak nyaman, akan berusaha menambah jarak antar wajah kalian. Atau saat orang terdekatmu ingin mengajakmu membicarakan sesuatu yang serius kamu, biasanya secara sadar atau tidak sadar akan mendekatkan diri pada lawan bicaramu.

Dalam ilmu komunikasi, jarak yang kamu berikan ini disebut sebagai zona. Jadi dengan kata lain, ketika kamu berbicara dengan orang lain, kamu akan menetapkan zona yang kamu berikan saat kamu berbicara dengan orang lain.

Menurut Edward T. Hall yang dukutip oleh Nageshwar Rao (2009), terdapat empat zona jarak dalam berkomunikasi.

  • Zona yang pertama merupakan Zona Intim (intimate) yaitu mulai jarak 0 hingga 1 kaki (sekitar 45,5 cm).
  • Zona Personal yaitu 1 kaki hingga 4 kaki (sekitar 124 cm),
  • Zona Sosial yaitu mulai 4 kaki hingga 12 kaki (sekitar 378 cm),
  • Zona Publik yang dihitung mulai 12 kaki dan seterusnya.

Dari zona tersebut, kita tahu bahwa tak semua zona ditujukan untuk semua orang, seperti, zona Intim ditujukan untuk keluarga dan orang orang terdekat. Zona personal ditujukan saat berbicara dengan teman teman. Zona sosial untuk orang orang yang tak terlalu dikenal, hingga orang asing, serta Zona Publik digunakan saat berbicara di hadapan banyak orang.

Namun, pada akhirnya, pengelolaan zona saat berbicara, bergantung pada kamu sendiri sebagai individu yang mengatur caramu berkomunikasi. Atur proses komunikasimu dengan baik, dan selalu ingat bahwa jarak mampu menunjukkan kedekatan hubunganmu dengan orang lain.