×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Yuk, ketahui 6 metode perawatan kulit berjerawat di klinik kecantikan

0

Kesehatan

Yuk, ketahui 6 metode perawatan kulit berjerawat di klinik kecantikan

Metode perawatan kulit berjerawat ini mulai dari Microdermabrasi hingga Platelet Rich Plasma (PRP).

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

valencia levina

24 / 01 / 2022 16:57

Timbulnya jerawat bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penyumbatan sel kulit mati, penumpukan kotoran pada kulit, produksi minyak berlebih, ketidakseimbangan hormon, dan lain sebagainya. 

Untuk mengatasi kulit berjerawat tidak cukup menggunakan produk-produk skincare. Kamu perlu melakukan perawatan khusus melalui metode treatment di klinik kecantikan minimal satu bulan sekali secara rutin agar hasilnya terlihat lebih maksimal. Berikut ini beberapa rekomendasi perawatan yang bisa kamu coba.

1. Microdermabrasi

Microdermabrasi

Foto: https://www.cderma.id/

Loading...

Klinik kecantikan menyediakan sebuah metode perawatan untuk mengatasi kulit berjerawat yang dinamakan microdermabrasi. Microdermabrasi merupakan metode perawatan kulit dengan cara menyemprotkan butiran kristal kecil ke kulit. Bekerja dengan mengikis lapisan kulit selama kurang lebih 30 menit agar sel kulit mati terangkat dan terbentuknya sel kulit baru.

Tidak hanya mengangkat sel kulit mati, metode microdermabarasi juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat, mengecilkan pori-pori, memudarkan flek hitam, mencerahkan kulit, memperbaiki tekstur kulit, dan meratakan warna kulit. Kulit kamu akan terasa lebih lembut, kencang, dan awet muda setelah beberapa jam treatment. Efek sampingnya adalah timbul kemerah-merahan pada kulit. Penyembuhannya cukup dengan mengoleskan moisturizer saja.

 2. Dermabrasi.

Dermabrasi

Foto: https://jakartaaestheticclinic.co.id/

Metode yang satu ini hampir mirip dengan metode microdermabrasi. Kedua metode ini sama-sama menggunakan alat khusus untuk mengangkat lapisan kulit luar. Bedanya, untuk metode dermabrasi diperlukan tindakan anastesi terlebih dahulu. Sebelum proses pengerjaan, dokter yang menangani akan memberikan suntikan obat anastesi di sekitar area kulit wajahmu. Setelah anastesi berhasil, proses treatment selanjutnya dengan memutarkan alat getar berkecepatan tinggi.

Metode dermabrasi ini menimbulkan efek samping kulit kemerah-merahan dan rasa terbakar. Oleh karena itu, setelah proses treatment dokter memberikan obat khusus agar mengurangi rasa sakit dan tidak memperparah kondisi kulit kamu. Hanya butuh waktu tujuh hari untuk proses penyembuhannya.

Seiring berjalannya waktu akan muncul kulit baru. Kulit kamu akan kembali normal setelah kurang lebih 14 hari. Selama 7-14 hari tersebut sebaiknya hindari aktivitas di luar ruangan yang terpapar cahaya sinar matahari. Jika ingin beraktivitas di luar ruangan, pergunakan produk tabir surya dengan kadar spf minimal 30. 

Metode dermabrasi tidak hanya digunakan untuk perawatan kulit berjerawat saja, tapi bisa menghilangkan bekas jerawat, bekas luka, dan bekas cacar. Selain itu juga mampu mengurangi komedo, memudarkan flek hitam, mengurangi kerutan, mencerahkan kulit yang kusam, meratakan warna kulit, mengecilkan pori-pori kulit, serta memperbaiki tesktur kulit kamu.

Pada beberapa orang, treatment dengan menggunakan metode microdermabrasi dan dermabrasi membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Setelah proses treatment kamu juga gak dianjurkan untuk melakukan olahraga berenang.

3. Chemical peeling.

Chemical Peeling

Foto: https://www.sehatq.com/

Selanjutnya, untuk mengatasi kulit berjerawat kamu juga bisa coba metode chemical peeling. Chemical peeling merupakan metode treatment klinik kecantikan yang berguna untuk menghilangkan sel kulit mati dengan menggunakan bahan kimiawi. Metode chemical peeling tersedia dalam tiga jenis, mulai dari jenis ringan, sedang, sampai jenis dalam. 

Jenis ringan biasanya digunakan untuk kamu yang memiliki masalah kulit kering, kulit berjerawat, warna kulit tidak merata, dan ingin memudarkan flek hitam serta kerutan halus. Proses kerjanya dengan pengelupasan kimiawi lapisan kulit luar. Kamu bisa menggunakan metode treatment ini setiap dua minggu sekali. 

Sementara untuk metode chemical peeling dengan jenis sedang, bekerja dengan pengelupasan kimiawi lapisan kulit luar dan tengah untuk memudarkan flek hitam dan kerutan, meratakan warna kulit, dan membantu mengobati bekas jerawat. 

Untuk metode chemical peeling jenis dalam diperuntukkan bagi kamu yang memiliki bekas luka dan kerutan lebih dalam. Prosesnya dengan pengelupasan kimiawi kulit secara lebih mendalam lagi.

Tentunya metode chemical peeling ini efek sampingnya adalah kulit menjadi kering, timbul kemerah-merahan, perih, hingga timbul rasa terbakar selama kurang lebih 10 menit. Chemical peeling juga dapat bermanfaat untuk mengatasi rosacea, membantu penyerapan skincare, mengatasi kulit terbakar akibat paparan sinar matahari, menghaluskan garis halus, dan mencegah timbulnya jerawat. Kemudian untuk beberapa waktu ke depan akan terjadi proses pengelupasan kulit lama menjadi kulit baru dan kotoran yang menumpuk ikut terangkat juga.

4. Acne injection.

Acne injection

Foto: https://www.thedermspecs.com/

Acne injection atau suntik jerawat bisa menjadi salah satu alternatif untuk kamu mengatasi kulit berjerawat, khususnya jerawat yang sedang meradang. Treatment ini menggunakan jenis obat kortikosteroid juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan bekas jerawat dan mengobat jerawat meradang. Hasilnya akan terlihat sekitar 1-2 hari saja, loh! 

Metode acne injection sebaiknya dihindari oleh ibu hamil dan menyusui, serta orang-orang tertentu yang sedang mengalami kondisi penyakit darah tinggi, diabetes, gangguan ginjal, memiliki riwayat penyakit hati, gagal jantung, tuberkulosis, infeksi jamur, tiroid, gangguan lambung, dan gastritis. 

5. Intense Plused Light (IPL).

IPL Treatment

Foto: https://theparomeclinic.com/

Mengatasi kulit berjerawat bisa menggunakan metode Intense Plused Light atau IPL. Intense Plused Light merupakan teknologi penyinaran bertegangan tinggi yang bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat, menyamarkan bekas jerawat, dan mengatasi acne spot.

Sebelum menjalani treatment dengan metode Intense Plused Light, kamu akan dianastesi dengan menggunakan gel. Kemudian dokter mengambil tindakan dengan menyorotkan sinar ke area kulitmu selama kurang lebih 20 menit. Proses treatment diakhiri dengan pemberian cream untuk mencegah iritasi setelah tindakan.

Untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa menjalani treatment Intense Plused Light sebanyak 2-3 kali dengan rentang waktu minimal seminggu. Hindari penggunaan cream malam, air hangat, sauna, dan berenang selama tiga hari setelah treatment. Metode Intense Plused Light juga mampu mengatasi pembuluh darah yang terlihat di kulit wajah serta mengurangi peradangan jerawat

6. Platelet Rich Plasma (PRP).

PRP Treatment

Foto: https://www.skinspecialistindelhi.com/

Dunia klinik kecantikan kini menghandirkan teknologi baru untuk mengatasi kulit berjerawat yang dinamakan Platelet Rich Plasma atau PRP, yakni metode perawatan kulit dengan menggunakan plasma darah.

Plasma darah dalam dunia medis dipercaya dapat mengatasi proses penyembuhan jaringan kulit. Treatment dengan menggunakan metode Platelet Rich Plasma dapat mengatasi bekas jerawat, bopeng, garis halus, dan keriput. Selain itu juga bisa memudarkan stretch mark dan mengatasi kebotakan rambut. 

Plasma darah yang telah diambil diproses terlebih dahulu sebelum menjadi serum. Kemudian, serum dimasukkan ke dalam sebuah alat yang memiliki jarum berukuran kecil (Dermapen) agar serum tersebut benar-benar masuk ke dalam kulit ketika dioleskan ke kulitmu. Oleh karena itu sebelum melakukan treatment, kulit wajah kamu harus dianastesi dengan menggunakan cream untuk mencegah iritasi dan mengurangi rasa nyeri. 

Sebelum memilih metode treatment klinik kecantikan yang kamu butuhkan, alangkah baiknya konsultasikan dulu ke dokter yang bersangkutan. Pastikan treatment tersebut benar-benar dikerjakan oleh dokter kecantikan, ya!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red