Korupsi merupakan tindakan yang tidak berprikemanusiaan. Yap! Pasalnya, dengan berkorupsi sama saja koruptor tersebut telah memakan hak dari orang lain. Bayangkan saja, saat koruptor mulai kaya, ada banyak orang yang hidupnya terlunta-lunta. Jika saja uang dari hak orang banyak itu tidak dikorupsi, mungkin tak banyak juga orang-orang bernasib kekurangan di luaran sana.

Untuk itu, pada tanggal 9 Desember diperingati sebagai Hari Anti Korupsi. Cegah korupsi mulai dari diri sendiri. Tanamkan niat dalam hati untuk tidak melakukan korupsi dalam bentuk apapun. Jika kamu belum mampu berbuat banyak untuk negara, setidaknya berbuat baiklah pada dirimu sendiri.

Cegah korupsi sejak dini, mulailah dari diri sendiri. Saat kamu mampu mengendalikan sikapmu untuk tidak korupsi dalam hal apapun, itu berarti kamu telah berjuang untuk negerimu sendiri. Dengan tidak berkorupsi dari hal-hal kecil di kehidupan sehari-hari, kamu sudah berusaha untuk menjadi generasi millenial yang berguna untuk negara. Karena kamu sekalian merupakan penerus bangsa.

Kamu merupakan generasi yang berperan sebagai tombak kemajuan negeri ini. Beberapa puluh tahun ke depan, pastikan kamu menjadi orang yang berguna untuk negeri, dan jadilah orang yang taat pada seluruh aturan negara. Tidak korupsi itu berarti memuliakan anak bangsa.

Yuk, cegah korupsi sejak dini pada diri sendiri. Coba lakukan tips-tips berikut ini!

1. Berani jujur.

Yuk, jadi generasi millenial anti korupsi dengan tips berikut ini

Berani bersikap jujur bukanlah hal yang mudah. Nyatanya, masih banyak yang lebih memilih berbohong karena beranggapan bahwa berbohong akan menyelamatkannya dari suatu perkara.

Padahal, saat berbuat bohong, maka satu kebohongan tersebut akan ditutupi oleh kebohongan lainnya. Akhirnya kamu pun jadi terus menerus berbohong karena tak ingin kebohongan yang kamu lakukan di awal itu terbongkar. Untuk itu, lebih baik bersikap jujur jika kamu memang millenial anti korupsi.

2. Jangan manipulasi bayaran sekolah.

Yuk, jadi generasi millenial anti korupsi dengan tips berikut ini

Kalau kamu siswa ataupun mahasiswa, lebih baik jangan sekali-sekali untuk memanipulasi jumlah uang bayaran. Jika kamu memang mengaku sebagai millenial yang baik, maka sejak dini jangan sampai kamu lakukan manipulasi jumlah bayaran.

Memanipulasi bayaran sama saja kamu sudah berbohong. Membohongi keluargamu dan melebih-lebihkan jumlah bayaran yang harus orang tuamu bayarkan pada pihak sekolah merupakan perbuatan yang tidak baik. Apalagi, jika uang yang kamu dapat dan seharusnya dibayarkan pada pihak sekolah malah kamu gunakan untuk berbelanja, atau main ke tempat-tempat rekreasi tanpa seizin orang tuamu. Yap! Hal tersebut itu sudah termasuk dalam kategori korupsi lho! Nah, kamu harus hati-hati deh mulai sekarang.

Kamu yang sudah bekerja pun hindari melakukan ini ya! Karena tentunya, akan ada banyak kerugian dibandingkan keuntungannya.

3. Jadilah amanah.

Yuk, jadi generasi millenial anti korupsi dengan tips berikut ini

Amanah, atau dapat dipercaya juga bisa kamu latih sejak dini lho! Kamu perlu melatih sikap ini karena menjadi orang yang diberi kepercayaan bukanlah hal yang mudah. Seringkali orang yang mendapatkan kepercayaan buta akan jabatan yang diberikannya. Entah apapun kepercayaan yang diberikannya, jika tidak bisa berbuat amanah atau dapat dipercaya, maka saat itulah kebohongan akan mulai betebaran.

Selain itu, saat kamu tak sanggup bersikap amanah, kamu pun akan menjadi orang yang hanya memikirkan kepentinganmu sendiri dan cenderung tidak dapat menjaga rahasia, tanggung jawab, maupun hal apapun yang seharusnya kamu lindungi dan jaga. Sebaliknya, kamu hanya akan mengabaikan semua aspek tersebut demi keuntunganmu sendiri.

Nah, jika kamu millenial penerus bangsa yang baik, kamu perlu menjadi orang yang bersikap amanah dalam mengembang tanggung jawab. Mulailah sejak dini ya!