×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Usia kecoa lebih tua dari Dinosaurus, ini penjelasannya

0

Binatang

Usia kecoa lebih tua dari Dinosaurus, ini penjelasannya

Kecoa sangat produktif bertelur, bahkan dalam keadaan mati tetap bertelur.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Anthika

26 / 02 / 2018 09:01

Siapa yang tak kenal dengan kecoa? Hewan yang satu ini sering dianggap menyebalkan karena sering muncul di mana saja dan sulit untuk dimusnahkan. Kecoa, coro, atau lipas adalah serangga (insecta) dari ordo Blattodea yang terbagi dalam 6 famili dan memiliki sekitar 3.300 spesies. Kecoa terdapat hampir di seluruh permukaan bumi, kecuali di wilayah kutub. Tapi tahukah kamu kapan kecoa muncul pertama kali di bumi?

Fosil Hidup

Dilansir dari Bobo.id, terdapat lebih dari 53 juta spesies kecoa yang hidup sejak awal kemunculannya. Kecoa telah berada di Bumi bahkan sebelum dinosaurus ada. Nenek moyang kecoa telah hidup lebih dari 3,5 miliar tahun Sebelum Masehi. Tepatnya, pada Zaman Palaezoikum. Zaman Palaezoikum ada lebih awal dari Zaman Mesozoikum, yang sering disebut dengan zaman kehidupan dinosaurus.

Geologic Time Scale - http://weshoutevolution.blogspot.co.id

Kecoa berkembang pesat di Periode Trias. Periode trias itu kira-kira 251 sampai 201 juta tahun lalu. Di periode ini, dinosaurus pun baru bermunculan di Bumi. Karena kecoa bisa bertahan hidup dan tidak punah, maka disebut sebagai fosil hidup.

Loading...

Pangea

Saat kecoa berada di Bumi, benua di Bumi masih bersatu atau dikenal dengan Benua Pangea. Kecoa tersebut tersebar di seluruh Benua Pangea.

Benua Pangea - http://eatrio.net/

Ketika Benua Pangea terbelah dan terisah menjadi beberapa benua, kecoak pun terpisah dan terjebak di benua-benua baru itu. Hal inilah yang menyebabkan kecoa terdapat di seluruh bagian bumi. Mereka menyebar tanpa melakukan perjalanan jauh. Karena terpisah di berbagai benua, para kecoak yang terjebak pun harus menyesuaikan diri dengan tempat tinggal barunya, karena benua-benua baru tersebut memiliki iklim yang berbeda-beda.

Bertahan Hidup

Kenapa kecoa tidak punah seperti dinosaurus? Ternyata serangga ini memiliki kemampuan beradaptasi yang baik terhadap kondisi dan lingkungan apa pun. Mereka dapat bertahan hidup di mana pun asalkan ada makanan dan kelembaban udara yang sesuai. Kecoa mampu memakan apa pun, baik kertas, sabun, bangkai hewan, dedaunan, dll. Selain itu, kecoa bisa bertahan hidup selama 90 hari tanpa air. Mereka juga bisa tetap hidup.

Kecoa - http://www.torontopestcontrolservices.ca

Alasan lain populasi kecoa tetap ada karena tingkat reproduksinya yang tinggi. Kecoa bertelur sepanjang tahun. Dalam satu tahun, kecoa bisa menelurkan 400 ribu butir telur. Bahkan dalam keadaan  mati,  kecoa tetap mengeluarkan telur dari dalam perutnya.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    25%

  • Sedih

    25%

  • Marah

    25%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red