Spirit Payton adalah salah satu bintang YouTube yang ketenarannya terjadi akibat ketidaksengajaan. Hanya dalam waktu kurang dari 2 tahun, dia telah menumbuhkan salurannya, ASMRTheChew, menjadi lebih dari 160.000 pengikut dan memiliki beberapa video yang viral. Hal itu tak lain karena suara mengunyah lewat mikrofon yang ditampilkannya.

Cuma modal suara ngunyah makanan,  wanita ini sukses jadi YouTuber

Sepertinya kini orang-orang menemukan cara-cara gila untuk menarik perhatian secara online. Jadi tidak mengherankan jika dia juga populer di YouTube dengan membuat suara makan yang keras.

Spirit Payton memposting tutorial makeup sesekali, tapi video makannya cukup banyak dengan mengunyah roti dan mentega. Dia menerima permintaan dari penggemarnya dan mengkonsumsi makanan pilihan mereka di depan kamera. Ciri khasnya mengunyah perlahan tetapi suaranya nyaring sebagai bagian dari apa yang dikenal sebagai sesi terapi ASMR.

Cuma modal suara ngunyah makanan,  wanita ini sukses jadi YouTuber

Ada banyak cara untuk memicu ASMR, seperti kertas kusut, menggaruk atau mengetuk permukaan dengan kukumu, atau hanya berbisik. Sementara Spirit Payton melakukan semua itu, dia mengkhususkan diri untuk merangsang sensasi kesemutan dengan mengunyah di depan mikrofon, seperti yang ditekankan oleh nama saluran YouTube-nya, ASMRTheChew.

Cuma modal suara ngunyah makanan,  wanita ini sukses jadi YouTuber

Payton diperkenalkan ke ASMR oleh putrinya, sebagai cara untuk mengatasi kecemasan dan depresi setelah menjalani operasi besar yang membuatnya tidak dapat bekerja. Usai mengalami manfaat dari terapi ini secara langsung, ibu tunggal tersebut memutuskan untuk membantu orang lain seperti dirinya, dengan melatih ASMR di YouTube.

Dia mulai dengan lamban, tapi tidak pernah menyerah, dan jumlah pengikutnya tumbuh dengan mantap. Lalu seseorang berbagi salah satu video kunyahannya, dan itu menjadi viral. Saat ini, videonya secara rutin mendapatkan puluhan ribu penayangan dan beberapa di antaranya mencapai jutaan.

Cuma modal suara ngunyah makanan,  wanita ini sukses jadi YouTuber

Orang-orang tampaknya senang mendengarnya makan di depan mikrofon, dan bahkan mengirimkan permintaan dan tips tentang makanan apa yang akan dicoba di video barunya. Dia telah sukses besar dengan ramuan acar renyah, tapi dia memakan segala makanan, mulai dari spaghetti sampai es krim, ayam goreng dan manisan apel. Videonya dikatakan membantu orang untuk rileks dan tertidur lebih mudah.