×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Work From Home bikin mata lelah? Coba lakukan 5 gerakan senam mata ini

0

Kesehatan

Work From Home bikin mata lelah? Coba lakukan 5 gerakan senam mata ini

Saat WFH, aktivitas kita di depan layar komputer semakin meningkat. Lima gerakan senam mata ini dapat mengurangi ketegangan otot mata.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

devina erika

11 / 12 / 2020 16:15

Pada masa pandemi ini kita diharuskan untuk melakukan segala aktivitas di rumah saja guna memutuskan tali penyebaran Covid-19 yang ada di Indonesia. Pemerintah menyarankan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak bepergian selama masa PSBB. Akibatnya seluruh masyarakat di Indonesia melakukan semua kegiatannya di rumah saja, termasuk bekerja, belajar, dan melakukan kegiatan lainnya yang di beri nama Work From Home (WFH).

WFH merupakan salah satu program yang disarankan oleh pemerintah untuk mengurangi penyebaran Covid-19 yang ada di Indonesia. Dengan melakukan WFH para pelajar dan juga pekerja kantor diwajibkan untuk melakukan kegiatannya di rumah saja dan mengandalkan teknologi digital yang mereka miliki (handphone, gadget, atau komputer).

Dengan melakukan segala aktivitas di rumah saja, para pelajar melakukan aktivitas belajar mengajar melalui via Zoom, Google Meet, dan masih banyak lagi platform yang digunakan untuk aktivitas belajar mengajar. Belum lagi para pelajar harus mengerjakan segala tugas yang tentu saja mereka kerjakan di komputer atau di gadget masing-masing. Sama halnya dengan pelajar, para pekerja pun melakukan segala aktivitasnya di komputer atau gadget masing-masing seperti melakukan meeting dan juga mengerjakan seluruh pekerjaannya.

Sudah pasti bahwa mata akan lelah jika kamu terus menatap layar, dan mungkin saja matamu akan menjadi minus. Usai menatap layar dengan durasi yang cukup lama, otot mata akan merasa lelah. Mata lelah tentu saja akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan hal tersebut akan mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat kamu melakukan aktivitas seperti belajar, mengerjakan tugas, atau meeting.

Kelelahan mata bisa mengganggu aktivitas keseharian, misalnya seperti penglihatan kabur, mata menjadi kering, sakit kepala, mata menjadi gatal, leher merasa sakit, dan masih banyak lagi. Tentu saja hal tersebut akan sangat mengganggu aktivitas.

Loading...

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sudah seharusnya kamu melakukan istirahat yang cukup. Dengan istirahat cukup, mata lelahmu pun akan beristirahat sehingga dapat teratasi dengan baik. Kamu juga dapat mengatasi mata lelah dengan melakukan senam mata. Caranya pun sangat sederhana dan tidak perlu dilakukan terlalu lama.

Berikut beberapa cara melakukan senam mata untuk membuat mata lelah menjadi lebih baik dari sebelumnya.

1. Pijat wajah.

Dengan melakukan gerakan-gerakan memijat wajah secara perlahan bisa untuk mengusir mata lelah. Caranya, pijat wajah secara perlahan sambil menutup mata sejenak, pijat ke area bawah mata secara berputar, pijat di daerah dahi, dan juga pijat sepanjang alis. Pijat relaksasi wajah ini tentu saja dapat membantu meringankan ketegangan otot wajah dan mata sehingga mata lelahmu dapat menghilang secara perlahan.

2. Peregangan mata.

Gerakan senam selanjutnya adalah melakukan peregangan mata. Caranya adalah kamu harus melakukan penglihatan ke arah kanan, kiri, depan, atas, bawah, dan lakukan sebanyak 5-8 kali sehari. Usahakan wajahmu untuk tegak lurus dan juga perhatikan napasmu. Perhatikan setiap gerakanmu dengan satu tarikan napas. Sebagai contoh, tarik napas lalu lihat ke bawah, kemudian keluarkan napas tersebut. Hal tersebut bisa mengurangi rasa lelah akibat melihat layar gadget atau komputer dengan durasi yang cukup lama.

3. Tutup mata dengan tangan.

Gerakan senam mata selanjutnya adalah menggunakan gerakan tangan, yang mana caranya adalah gosok kedua tanganmu selama 15-20 detik atau sampai tanganmu merasa hangat. Kemudian tempelkan tangan hangatmu pada kedua mata sampai matamu tidak melihat cahaya sedikit pun. Lemaskan mata dan nikmati waktu istirahat tersebut, dengan begitu mata lelah tersebut akan merasa beristirahat dengan merasakan ketenangan sekitar 1-2 menit. Lalu ulangi kembali sebanyak 2-3 kali sehari.

4. Fokus pada satu titik.

Gerakan senam selanjutnya adalah fokus pada satu titik. Cara senam mata yang satu ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan karena kamu hanya perlu fokus pada satu titik saja. Cukup untuk fokus pada suatu objek dengan durasi satu menit. Usahakan pada saat sedang fokus ke suatu titik objek tersebut, mata kamu harus rileks dan tidak tegang. Selain itu hindari untuk gagal fokus dikarenakan hal tersebut membuat senam mata ini gagal. Ulangi senam mata ini setiap hari agar mata menjadi lebih fokus.

5. Melakukan pergantian fokus.

Gerakan senam yang terakhir adalah melakukan pergantian fokus. Caranya adalah kamu hanya perlu melakukan pergantian fokus dari pandangan satu ke pandangan lainnya. Sebagai contoh dengan menggunakan pulpen. Taruh pulpen di depan wajah, fokuskan pandangan ke arah hidung kamu lalu secara perlahan tarik pulpen tersebut ke arah yang lebih jauh. Pada saat melakukan hal tersebut, tarik napas dalam-dalam lalu buang napas secara perlahan. Ulangi hal tersebut selama 5 sampai 10 kali dalam sehari guna untuk membuat mata lelah kami menjadi lebih rileks.

Walaupun melakukan segala kegiatan di rumah saja, tentu saja kesehatan mata tetap nomor satu. Dengan begitu senam mata merupakan salah satu cara untuk mengurangi ketegangan otot pada mata akibat melihat layar gadget atau komputer dengan durasi yang cukup lama. Semoga bermanfaat!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red