×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Water kefir, minuman probiotik yang menyehatkan

0

Kesehatan

Water kefir, minuman probiotik yang menyehatkan

Mahasiswa KKN Undip Tim II di RW 03 Kelurahan Mugassari berikan sosialisasi dan ajak masyarakat setempat belajar membuat water kefir.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Andari Winditha Putri

01 / 08 / 2021 11:15

Salah satu mahasiswa KKN Undip Tim II memberikan sosialisasi tentang water kefir untuk meningkatkan imunitas. Imunitas tubuh merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan di masa pandemi ini. Imunitas tubuh dapat dijaga dan ditingkatkan melalui konsumsi makanan dan minuman yang bergizi tinggi, salah satunya water kefir.

Water kefir adalah minuman yang menyehatkan karena mengandung lebih dari 50 bakteri baik yang terdiri dari bakteri asam laktat, bakteri asam asetat, dan juga khamir. Water kefir juga tidak kalah dari produk komersial seperti yakult dan yogurt. Kandungan bakteri probiotik di dalam water kefir dapat membantu saluran cerna kita. Probiotik adalah mikroorganisme hidup, yang bila diberikan dalam jumlah cukup, memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Water kefir adalah salah satu minuman fungsional probiotik, yang dihasilkan dari fermentasi bibit water kefir dengan air yang mengandung sejumlah gula. Water kefir berbeda dengan kefir susu, di mana water kefir membutuhkan air gula sebagai bahan dasarnya, sedangkan kefir susu membutuhkan susu sebagai bahan dasarnya. Proses fermentasi tersebut akan menghasilkan minuman water kefir dengan rasa yang asam dan sedikit bersoda.

Penggunaan air kelapa disebabkan karena air kelapa mengandung berbagai manfaat, terutama kandungan senyawa tannin yang berfungsi sebagai antiracun. Penelitian yang dilakukan oleh Khazanah (2018) menunjukkan bahwa air kelapa muda efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri S. Typhi, dan Shigella sp. Selain itu, air kelapa juga dapat meningkatkan kandungan leukosit yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Leukosit berfungsi untuk menghasilkan antibodi yang dapat melawan virus, jamur, bakteri, dan parasit di dalam tubuh.

Dalam rangka meningkatkan imunitas untuk mencegah kematian akibat Covid-19 maupun mencegah penyebaran Covid-19, mahasiswa KKN Undip Tim II di RW 03 Kelurahan Mugassari memberikan sosialisasi dan mengajak masyarakat setempat untuk belajar membuat water kefir. Sosialisasi ini dilakukan dalam bentuk webinar dikarenakan peraturan tentang PPKM yang masih berlangsung. Webinar dilakukan pada hari Sabtu, 17 Juli 2021 melalui platform Zoom. Webinar dihadiri kurang lebih 25 orang yang terdiri dari warga RW 03 Kelurahan Mugassari dan beberapa mahasiswa KKN. Selama pelaksanaan webinar, warga terlihat antusias dan aktif bertanya. Adanya keterbatasan masyarakat dalam menggunakan zoom tidak menjadi kendala, karena hasil rekaman webinar juga diunggah di YouTube dan disebarkan ke grup RW setempat.

Loading...

Penulis: Andari Winditha Putri (FPP/Teknologi Pangan)

DPL: Rosyida, S.P., M.Si.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red