Di jaman modern seperti sekarang ini, kita tidak lepas dengan yang namanya gadget.Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sekarang teknologi telah berkembang kian pesatnya. Teknologi diciptakan untuk mempermudah urusan manusia. Berbagai macam jenis teknologi yang tidak terhitung jumlahnya dapat kita jumpai di zaman yang modern ini. Salah satu contoh teknologi yang sangat popular adalah gadget setiap orang menggunakan gadget dengan teknologi yang modern seperti televisi, telepon genggam, laptop, komputer tablet, smart phone, dan lain-lain. Gadget ini dapat ditemui dimanapun, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Disadari atau tidak kebiasaan lingkungan terhadap anak usia dini akan membentuk perkembangan anak.

Pada saat ini seiring berkembangnya teknologi, banyak sekali yang berpengaruh pada anak salah satunya adalah penggunaan gadget. Gadget sangat mudah sekali menarik perhatian dan minat anak dan sudah menjadi hal yang biasa jika anak-anak saja sudah memakai gadget dalam kehidupan sehari-hari. Gadget memiliki dampak positif dan negatif, Untuk itu peran orang tua sangat penting dalam perkembangan teknologi yang sangat maju di zaman sekarang ini. Dampak negatif gadget terhadap anak-anak yaitu bahaya radiasi, perkembangan anak, rawan terhadap tindak kejahatan, dan masih banyak yang lainnya. Tetapi gadget juga memiliki dampak positif terhadap anak-anak yaitu menambah pengetahuan, memperluas jaringan persahabatan, melatih kreativitas.

Anak yang awalnya masih bermain dengan mainan tradisional seperti congklak yang membuat anak melatih pemikirannya, kini semua itu hilang karena terlalu mengkonsumsi gadget. Kemudian hal yang paling mendasar yang harus diperhatikan adalah ketika anak sibuk bermain gadget hal ini membuat anak lebih cendrung tidak patuh kepada orangtuanya. Ketika sang anak disuruh dengan orang tuanya untuk membeli sesuatu.

"Nak, belikan ibu gula di warung,"

"Iya, maa nanti ya bentar lagi,"

Hal ini lebih membuat anak malas. Namun siapa yang patut disalahkan? Apakah orangtua atau anak? Tidak ada yang patut disalahkan baik orang tua maupun anak. Hanya saja butuh pengawasan yang lebih terhadap anak bukan dalam arti mengekang anak tapi memberikan pemahaman, pengetahuan yang secara perlahan, memperkenalkan anak dengan hal-hal yang bermanfaat serta perhatian dari orang tua itu sendiri. Ada pula solusi untuk mengatasi Gadget bagi anak-anak yaitu dengan cara. Ajak anak bersosialisasi dengan teman sebaya, berhenti terus menerus menggunakan ponsel dan Sibukkan anak dengan berbagai aktivitas menarik.