×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Wajib tahu, inilah proses & dampak Revolusi Industri hingga kini

0

News

Wajib tahu, inilah proses & dampak Revolusi Industri hingga kini

Ini yang terjadi dalam proses Revolusi Industri dan dampaknya bagi kita.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ordinary Origin

14 / 02 / 2019 16:19

Dewasa ini merupakan zaman terjadinya perubahan proses pemenuhan kebutuhan dalam berbagai sektor. Di mana proses pemenuhan kebutuhan tersebut harus dapat dilaksanakan secara praktis serta dapat dengan mudah diakses secara lokal ataupun global oleh manusia. Namun tahukah kamu perubahan-perubahan tersebut ternyata merupakan dampak yang terjadi diakibatkan proses yang dinamakan Revolusi Industri.

Untuk itu, agar lebih paham mari simak prosesnya yuk! Penjelasan menarik berikut mengenai yang terjadi dalam proses Revolusi Industri dan dampaknya bagi kita.

1. Revolusi Industri 1.0.

Image: Unsplash/Elevate

Cikal bakal proses dimulainya Revolusi industri atau dikenal dengan Revolusi Industri 1.0 terjadi sekitar pada tahun 1784 dengan mulai digantikannya kekuatan utama, yaitu manusia dan hewan dengan mesin pada proses produksi industri. Di mana mesin mekanis yang dipergunakan kala itu bertenagakan uap dan air. Adapun pencapaian pada revolusi itu adalah terpenuhinya proses produksi industri dengan keuntungan berlipat. Namun tahukah kamu dampak yang timbul selanjutnya yaitu terjadinya peningkatan pengangguran di mana memiliki perbanding yang lurus dengan keuntungan tersebut.

Loading...

 

2. Revolusi Industri 2.0.

Image: Unsplash/american public

Proses Revolusi Industri selanjutnya adalah Revolusi Industri generasi 2.0 yang terjadi sekitar tahun 1870. Di mana pada revolusi ini dikenal sebagai tahap Revolusi Teknologi karena merupakan fase pesatnya industrialisasi. Hal itu ditandai dengan kemunculan pembangkit bertenaga listrik. Buah hasil penemuan tersebut yang nantinya menjadi pemicu munculnya teknologi seperti pesawat terbang, mobil, dan pesawat telepon.

 

3. Revolusi Industri 3.0.

Image: pexels/field engineer

Revolusi Industri 3.0 hadir dengan ditandai dengan kemunculan teknologi digital dan internet sekitar tahun 1980. Pada revolusi ini dikenal juga sebagai era revolusi digital di mana proses yang terkait waktu dan ruang tidak lagi memiliki jarak karena mengusung proses secara real time.  Sedangkan pada praktiknya di industri adalah dengan diterapkannya sistem otomatisasi pada proses produksi berbasis komputer (IT) dan elektronik, di mana hal tersebut telah berhasil pada mengurangi biaya produksi yang dikeluarkan. Namun tahukah kamu dampak lain yang diakibatkan adalah terjadinya pengurangan tenaga kerja manusia yang tidak terelakkan.

 

4. Revolusi Industri 4.0.

Image: pixabay

Setelah beproses sedemikian panjang, ternyata revolusi industri masih melangkahkan perjalanannya ke tahap selanjutnya dengan kemunculan Revolusi Industri 4.0. Hal ini ditandai dengan adanya penerapan komputerisasi pabrik atau pabrik cerdas sekitaran tahun 2011. Di mana proses konektivitas data informasi yang terjadi antara mesin dan manusia dapat diakses melalui cloud atau internet. Istilah ini pun berkembang sebagai Internet Of Things. Pencapaian pada proses revolusi ini memungkinkan terjadinya kemudahan pertukaran informasi sehingga manusia dapat melakukan kegiatan pemantauan dan kontrol pada saat yang bersamaan. Hal ini juga yang memicu munculnya teknologi seperti Artificial Intellegence, Big Data, dan Machine Learning.

 

5. Revolusi Industri 5.0.

Image: pixabay/geralt

Tidak berhenti sampai pada Revolusi Industri 4.0, dewasa ini telah booming bahwasannya Revolusi Industri telah memasuki tahap generasi terbaru, yakni 5.0 di mana konsep yang ditawarkan adalah Revolusi Industri 5.0 Society. Pencapaian yang diharapkan adalah menanggulangi terdegradasinya peran manusia oleh kehadiran robot cerdas. Adapun sistem kerjanya menggunakan bantuan kecerdasan buatan (Artificial Intellegence) yang nantinya mentransformasikan informasi pada segala sendi kehidupan. Untuk nantinya didedikasikan meningkatkan kemampuan manusia membuka peluang-peluang bagi kemanusiaan.

 

Dari beberapa penjelasan menarik di atas, menurut kamu apakah Revolusi Industri sangat berdampak pada kehidupanmu? Apakah kamu sudah siap menghadapi perkembangannya? Semoga penjelasan ini bermanfaat ya, Sobat!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red