Setiap tempat memiliki urban legend yang unik dan menarik untuk diketahui. Jakarta? Bandung? Surabaya? Bukan itu semua. Kali ini kita bakal membahas urban legend dari kota kecil di daerah Jawa Barat. Yaitu Kota Tasikmalaya. Sebuah kota yang dikenal dengan istilah Tasik Kota Santri. Mungkin julukan itu diberikan karena di kota ini banyak pasantren yang dibangun. Namun, Tasikmalaya juga memiliki urban legend yang cukup populer di kalangan masyarakat sekitar. Mari simak beberapa urban legend di wilayah Tasikmalaya


1. Karangresik


Sebuah wilayah di perbatasan Ciamis dan Tasikmalaya ini sejak dahulu memang terkenal angker. Pada zaman reformasi di area ini banyak ditemukan korban dari PETRUS (Penembakan Misterius), korban-korban umumnya ditemukan disekitar Sungai Citanduy dengan kondisi mengenaskan. Saat malam tiba sering muncul sosok dari korban-korban PETRUS bersimbah darah dengan tatapan kosong. Tidak hanya itu, di Sungai Citanduy juga terkadang muncul "Jurig Samak" atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut "Hantu Karpet". Mengapa disebut hantu karpet? Hal ini dikarenakan hantu ini berwujud karpet. Penduduk percaya bahwa "Jurig Samak" ini menyerang korbannya yang berada di sungai maupun di pinggir sungai dengan cara membungkus korbannya lalu menenggelamkannya kedalam sungai. Menurut mitos, korban dari "Jurig Samak" akan ditemukan di daerah laut atau pesisir dengan kondisi hanya kepala saja yang ditemukan.

Urban legend Di Tasikmalaya


Namun,sekarang Karangresik menjadi tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam dan wahana bermain yang cocok menjadi destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman. Kini di dekat sungai Citanduy terdapat sebuah caf yang cocok dikunjungi untuk nongkrong.

Ini lho foto Karangresik yang sekarang:

Urban legend Di Tasikmalaya

2. Tempat Parkir Matahari Dept. Store

Urban legend Di Tasikmalaya


Tempat shoping di jalan Veteran ini sudah berdiri sejak lama. Tempat ini sering dikunjungi,apalagi menjelang Lebaran. Karena Discount yang ditawarkan ditempat ini cukup menggiurkan. Namun, dahulu pernah terjadi peristiwa bunuh diri dan kebakaran yang cukup menggemparkan warga.

Setiap malam tertentu di tempat parkir ini sering terlihat wanita berbaju merah dan berambut panjang yang sedang menangis. Wanita itu terkadang mengganggu pengunjung maupun pegawai dengan cara menangis, lalu tertawa berulang-ulang.

3. Situ Gede

Urban legend Di Tasikmalaya

Situ Gede merupakan sebuah danau yang berada di wilayah Mangkubumi, Tasikmalaya. Di danau ini kamu bisa memancing, jogging, makan-makan, bahkan menaiki rakit untuk menjelajah Situ Gede. Pemandangan yang indah dan udara yang sejuk bisa didapatkan disini.

Tapi jangan pernah sekali-kali kamu menyebutkan "Kohkol" di tempat ini. Karena menurut masyarakat, ikan Kohkol akan marah dan akan menculik bahkan melukai orang tersebut. Kohkol merupakan sebuah ikan besar yang disebut "Penjaga Situ". Biasanya orang yang melanggar pantangan tersebut akan tenggelam dan arwahnya akan dijadikan prajurit di Kerajaan arwah yang berada di pulau di tengah Situ Gede.

4. Curug Batu Blek

Urban legend Di Tasikmalaya


Air terjun yang berada di wilayah Cisayong ini cukup jauh dari pusat kota, dan medan yang dilalui juga cukup sulit. Kamu bisa sampai ke tempat ini dengan menggunakan sepeda motor, lalu berjalan sekitar 30 menit dari tempat parkir motor. Kamu akan melewati jalan yang licin,tanjakan,dan juga turunan. Jika kamu berminat datang ke tempat ini,disarankan untuk membawa makanan dan minuman. Karna disana tidak ada warung maupun tempat berteduh. Curug Batu Blek masih sangat natural.Karena belum terlalu populer dan jarang dikunjungi manusia. Disana kamu bisa berenang maupun berfoto. Perjalanan yang panjang dan melelahkan akan terbayar oleh udara yang sejuk dan air terjun yang menyegarkan.

Dibalik keindahannya itu,Curug Batu Blek juga memiliki mitos yang cukup creepy. Yaitu, ikan lele raksasa yang menghuni sebuah gua kecil tepat dibawah air terjun ini. Menurut mitos, jika kamu berenang ditempat ini sore hari pada hari tertentu ikan lele raksasa ini akan muncul. Namun jika kamu tidak memiliki niat buruk,kamu akan aman. Lain halnya jika mau memliki niat buruk. Selain Lele raksasa ada juga Caah (debit air yang besar yang datang secara tiba-tiba).


5. SMAN 5 Tasikmalaya

Urban legend Di Tasikmalaya

(Sekolah Guru olahraga / sekarang SMAN 5 Tasikmalaya)

Salah satu sekolah yang berada di pusat kota Tasikmalaya ini memiliki Urban Legend yang cukup menarik. Yaitu Patung Perempuan . Menurut mitos, dahulu disekolah ini terdapat sebuah patung berwujud perempuan. Katanya pose dari patung tersebut selalu berubah tanpa sebab. Bahkan patung ini sering berpindah-pindah tempat saat malam hari. Namun, sekarang patung ini sudah tidak ditemukan. Menurut penjaga sekolah ketika ditanya di mana keberadaan patung tersebut, ia tak menjawab dan langsung mengganti topik pembicaraan.Tetapi, salah seorang siswi pernah melihat patung itu dipinggir sekolah, di area yang sulit dijangkau siswa.
Selain patung perempuan, di sana juga terdapat banyak hantu dari etnis cina. Karena dahulu tempat ini merupakan sekolah khusus untuk etnis cina, lalu berubah menjadi sebuah univeritas,setelah itu berubah menjadi sekolah SMA. Berikut merupakan area yang dianggap angker saat malam.

Well, percaya tidak percaya itu terserah kepada kalian. Tapi biasanya urban legend itu seringkali dianggap benar-benar terjadi karena banyak orang yang mengalaminya.