Zaman sekarang perkembangan teknologi makin maju dengan pesat, salah satunya perkembangan gadget smartphone. Makin hari, perkembangan smartphone semakin canggih dengan bertambahnya berbagai fitur-fitur hebat di dalamnya. Sebagai contoh terletak pada kemampuan kamera pada smartphone yang semakin hebat layaknya sebuah kamera DSLR.

Bayangkan saja, dengan kemampuan smartphone seperti itu, orang-orang dapat mengambil gambar dengan bagus secara instan, seperti pemandangan, dan terkadang juga untuk melakukan selfie. Dengan makin canggihnya smartphone sekarang, orang-orang tidak perlu lagi repot-repot membawa kamera DSLR atau kamera pocket jika sedang berkunjung atau liburan ke suatu tempat. Cukup dengan mengandalkan smartphone, kita bisa mendapatkan foto yang bagus.

Nah, seiring dengan itu semua, para pengembang atau biasa disebut dengan developer juga mulai membuat dan mengembangkan yang namanya Aplikasi Foto. Aplikasi ini nantinya bisa kita unduh kedalam smartphone kita.

Di dalam aplikasi itu, sudah tersedia berbagai macam filter-filter foto mulai dari yang retro, vintage, bahkan kartun sekalipun. Namun tidak semua pengembang yang menyediakan fitur ini. Di beberapa aplikasi, kita diharuskan untuk melakukan App-Purchase jika hendak menambah filter-filter yang lebih bagus.

Di antara sekian banyak aplikasi yang tersedia, ada beberapa aplikasi yang paling populer atau yang paling banyak di unduh oleh para pengguna smartphone, di antaranya:

1. VSCOCam

5 Aplikasi edit foto paling kece yang harus ada di smartphone kamu

VSCOcam adalah sebuah mobileapp untuk perangkat iOS dan juga Android. Yang membuat vscocam menjadi populer adalah fitur yang ada di dalam aplikasi itu sendiri yaitu fitur Journal. Fitur ini memungkinkan kita untuk membuat semacam jurnal yang berisi cerita dibalik foto-foto yang kita upload baik kedalam sosial media maupun kedalam timeline vscocam itu sendiri.

Namun pertama, kita diharuskan untuk membuat account terlebih dahulu, lalu kita juga dapat mengikuti orang-orang seperti yang kita lakukan di sosial media lainnya. Jika kita ingin, kita dapat menggunakan #vscocam pada caption foto kita. Terbukti, kita dapat melihat jumlah hastag ini sudah mencapai 171juta, yang dipublish melalui instagram.

2. Photoshop.

5 Aplikasi edit foto paling kece yang harus ada di smartphone kamu

Selanjutnya yaitu Photoshop. Kita tentunya tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Sebenarnya Photoshop adalah salah satu aplikasi yang paling umum yang digunakan oleh desainer. Photoshop sendiri sudah kita kenal jauh sebelum adanya versi untuk mobileapp, dikarenakan penggunaan aplikasi ini sendiri lebih umum dilakukan di PC.

Walaupun masih kalah populer dari VSCOcam, namun faktanya, banyak foto-foto hebat yang lahir dari aplikasi ini. Jika kalian tidak asing dengan yang namanya Photo Manipulation, pasti kalian akan langsung sadar bahwa yang berkerja dibalik foto itu adalah Photoshop. Photoshop memiliki jumlah hastag yang cukup banyak, yaitu sekitar 11juta postingan yang ada di instagram.

3. Snapseed.

5 Aplikasi edit foto paling kece yang harus ada di smartphone kamu

Snapseed adalah sebuah mobileapp foto editor, yang berisi tools-tools untuk mengelola foto, seperti pengaturan cahaya, bayangan, kontras, dan masih banyak lagi. Sebenarnya fitur ini juga banyak terdapat didalam aplikasi foto editor lainnya. Tapi bagi beberapa orang, mengolah foto di snapseed lebih baik ketimbang di aplikasi lainnya, dan memang, snapseed mempunyai fitur yang lebih unggul dari lainnya.

Sejatinya aplikasi ini pertama hadir hanya untuk perangkat iPad pada tahun 2011 bulan Juni, baru pada bulan Agustus ditahun yang sama, pengembang Snapseed merilis aplikasi ini untuk perangkat iPhone. Baru pada bulan desember tahun 2012, Snapseed dirilis untuk perangkat android. Pada tahun 2015, Snapseed masuk kedalam 100 Aplikasi Terbaik Android yang dirilis oleh PC Magazine.

4. Lightroom.

5 Aplikasi edit foto paling kece yang harus ada di smartphone kamu

Lightroom dikembangkan oleh satu developer yang sama dengan Photoshop, yaitu Adobe. Baik versi desktop maupun mobileapp, memiliki kemampuan yang sama baiknya. Namun Lightroom kurang mendominasi ketimbang Photoshop. Ini dikarenakan fitur-fitur yang tidak sama dengan Photoshop. Namun baik Photoshop maupun Lightroom mempunyai keunggulan masing-masing. Photoshop dikenal oleh kalangan desainer, sedangkan Lightroom lebih dikenal dikalangan para Fotografer.

Pada dasarnya, dalam Photoshop tidak ada yang tidak bisa dilakukan. Namun di Lightroom, kita dapat melakukan editing foto dengan begitu mudah. Ini dimaksudkan untuk membantu para pemula dalam memahami editing foto. Pada intinya, Lightroom mempunyai kegunaan yang hampir sama dengan Photoshop, hanya saja proses dan cara kerja nya dipermudah agar dapat lebih dipahami. Ini yang membuat aplikasi ini layak untuk digunakan. Saya sendiri lebih nyaman menggunakan Lightroom.

5. b612.

5 Aplikasi edit foto paling kece yang harus ada di smartphone kamu

Yang membuat aplikasi ini termasuk 5 aplikasi populer menurut saya, karena aplikasi ini merupakan aplikasi paling favorit dikalangan para wanita. Ya, bukan tanpa sebab. Aplikasi ini mampu memanipulasi gambar secara instan menjadi lebih bagus, serta didalam aplikasi ini terdapat lebih dari 50 filter foto! Kita dapat menempelkan berbagai macam gambar-gambar lucu yang telah disediakan, atau kita juga dapat menggunakan filter beauty, yang konon katanya dapat memperindah wajah kita. Aplikasi ini bagus digunakan untuk orang yang suka sekali melakukan selfie.

Nah, itulah 5 aplikasi foto editor yang paling populer menurut saya. Bagaimana dengan kalian, mana yang lebih nyaman kalian gunakan?